Saturday 27 May 2017

Adab Menuntut Ilmu (Materi 1 Matrikulasi Institut Ibu Profesional #batch4)


Pada minggu pertama ini kami para peserta matrikulasi diberikan materi tentang Adab Menuntut Ilmu. Terus terang ya selama ini pernah sekolah, pernah berusaha menambah ilmu dengan membaca atau mengikuti suatu komunitas, saya sama sekali tidak pernah memperhatikan yang namanya ADAB MENUNTUT ILMU.
Ternyata menuntut ilmu itu ada adab-adabnya atau etika dan tata kramanya. Karena sejatinya menuntut ilmu adalah usaha untuk berubah menjadi lebih baik jadi harus dilakukan dengan baik pula.
Adab menuntut ilmu dibagi menjadi tiga, yaitu:
1.   Adab pada diri sendiri
Dalam menuntut ilmu kita haru mau membersihkan diri dari hal-hal burul, selalu bergegas dalam menghadiri majelis ilmu, menghindari sikap sok tahu, menuntaskan apa yang sedang dipelajari dengan mengulang-ngulang, membuat catatan dan menulis kembali serta bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas yang diberikan karena mengerjakan tugas adalah salah satu cara mengamalkan sebuah ilmu.
2.   Adab pada guru atau penyampai sebuah ilmu
Seseorang yang menuntut ilmu harus mencari ridho gurunya dengan sepenuh hati dan menghormatinya, tidak mendahului atau memotong penjelasan guru, dan ketika hendak menyebarkan ilmu yang diberikan harus terlebih dahulu ijin atau bila sudah disampaikan jika ilmu tersebut boleh disebarluaskan maka cantumkan nama guru sebagai penghormatan.
3. Adab pada sumber ilmu
Selain adab terhadap diri sendiri dan guru juga ada adab pada sumber ilmunya, antara lain dengan tidak meletakkan buku sembarangan, tidak melakukan penggandaan untuk tujuan komersil, tidak mendukung perbuatan plagiator, tidak menyebarkan suatu ilmu tanpa mencantumkan sumbernya dari mana dan tidak mudah menerima suatu informasi jika tidak tahu betul darimana sumbernya.
SEMAKIN KITA GIAT MENUNTUT ILMU, SEMAKIN DEKAT KITA KEPADA SUMBER DARI SEGALA SUMBER ILMU, YAITU “DIA” YANG MAHA MEMILIKI ILMU
Indikator orang yang menuntut ilmu dengan benar adalah terjadi perubahan dalam dirinya menuju ke arah yang lebih baik.
MENUNTUT ILMU ADALAH PROSES KITA UNTUK MENINGKATKAN KEMULIAAN HIDUP, MAKA CARILAH DENGAN CARA-CARA YANG MULIA
(Tulisan ini merupakan resume dari materi minggu pertama Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) #batch 4)


No comments:

Post a Comment