Thursday 25 May 2017

Institut Ibu Profesional (IIP)

Gambar dari http://shantystory.com/2016/05/09/kelas-matrikulasi-ibu-profesional-batch-1/




Bulan lalu saya membaca tulisan di beranda facebook salah satu teman, yaitu Mbak Tantri yang bercerita tentang keikutsertaannya dalam komunitas Institut Ibu Profesional. Membaca istilah ‘Ibu Profesional’ membuat saya penasaran, karena terus terang dalam pikiran saya profesional itu selama ini hanya identik dengan dunia kerja. Lalu saya bertanya tentang Institut Ibu Profesional yang kata beliau, dalam komunitas itu kita akan belajar banyak hal untuk menjadi individu, istri dan ibu yang lebih baik lagi, yang lebih profesional.
Menjadi ibu yang profesional? Bagaimana caranya?
Karena rasa penasaran dan juga karena saya sedang pada masa ingin menambah waktu bermanfaat dalam hidup, maka saya putuskan untuk ikut mendaftar pada Matrikulasi Institut Ibu Profesional #batch 4.
Dan benar saja, saya menemukan banyak hal menarik dalam grup ini. Mendapatkan teman-teman baru itu pasti dan yang luar biasa adalah mendapatkan suntikan semangat untuk belajar menjadi individu, istri dan ibu yang lebih baik lagi.
Dalam materi pertama Matrikulasi Institut Ibu Profesional kita diberi materi via whatsapp dan juga youtube.
Berikut saya ceritakan materi pertama dari youtube yang disampaikan oleh Ibu Septi Peni Wulandari, founder Institut Ibu Profesional (IIP).
Matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) adalah program perkuliahan awal untuk ibu atau calon ibu guna menyamakan konsep dan wawasan tentang ibu profesional dan ilmu-ilmu kompetensi dasar tentang bagaimana cara menjadi seorang ibu profesional. Selain itu matrikulasi ini juga sebagai pintu gerbang untuk bisa bergabung dalam komunitas Institut Ibu Profesional (IIP).
Dalam matrikulasi ini akan ada 9 materi yang akan dipelajari, dimana dalam setiap materi akan disertai dengan sebuah tugas yang disebut dengan Nice Home Work (#NHW). Semua peserta harus mengerjakan dan mengumpulkan Nice Home Work (NHW) ini setiap minggunya karena ini merupakan syarat kelulusan peserta dari program Matrikulasi Institu Ibu Profesional (IIP).
Materi-materi tersebut antara lain
·  Adab menuntut ilmu    
·  Overview Ibu Profesional
·  Membangun peradaban dari dalam rumah (tahapan Bunda Sayang)
·  Pola mendidik dengan fitrah berbasis hati nurani (tahapan Bunda Sayang)
·  Menjadi  manajer keluarga (tahapan Bunda Cekatan)
·  Belajar bagaimana caranya belajar (tahapan Bunda Cekatan)
·  Belajar memahami bahwa rejeki itu pasti dan kemuliaan yang harus dicari (tahapan Bunda Produktif)
·  Belajar menemukan misi spesifik hidup kita (tahapan Bunda Produktif)
·  Menjadi agen perubahan dalam keluarga (tahapan Bunda Shaleha)
Menarik kan 9 materinya?
Nanti akan saya share lagi resume materi-materi perkuliahannya agar bermanfaat untuk semua pembaca dan juga agar ilmu saya tidak mudah hilang.




No comments:

Post a Comment