Saturday 10 June 2017

Nice Home Work ( NHW #4 ) Mendidik Dengan Kekuatan Fitrah



Nice Home Work #4 ini mengharuskan kita mengevaluasi lagi apa yang telah kita kerjakan pada NHW sebelumnya, mulai dari NHW #1, NHW #2 dan NHW #3.
Bukan hal mudah untuk saya yang dari dulu memang suka menuliskan target-target kehidupan tapi kurang atau bahkan tidak konsisten dalam mempraktekan tulisan-tulisan saya itu.
Tapi tidak ada kata terlambat untuk semua orang untuk selalu berusaha menjadi lebih baik kan?

a.    Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
Ilmu parenting, psikologi dan komunikasi.
Sampai hari ini saya masih tetap memilih jurusan ilmu tersebut dalam Universitas Kehidupan ini.
Ilmu parenting karena saya ingin mendidik anak-anak dengan cara yang terbaik. Saya ingin suatu saat kelak mereka mengenang ibu mereka sebagai ibu yang menyenangkan. Saya ingin suatu saat nanti saya akan tersenyum bahagia melihat anak-anak saya menjadi orang sukses, bahagia dan bermanfaat bagi umat.
Ilmu psikologi karena saya ingin bisa memahami setiap orang dengan baik agar saya tidak terlalu banyak menyakiti atau mengecewakan mereka akibat kekurangpahaman saya atas pemikiran dan perasaan mereka.
Ilmu komunikasi karena saya ingin setiap interaksi dan komunikasi saya dengan orang lain adalah hal yang membuat mereka tersenyum dan bahagia.

b.    Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
Jujur untuk 100% konsisten mengisi checklist harian, jawaban saya adalah BELUM. Akan tetapi dengan memiliki checklist harian, langkah saya sehari-hari menjadi jauh lebih terarah dan langkah-langkah perbaikan diri menjadi lebih banyak yang terealisasi.

c.    Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.
Belum nyata terbayang dalam benak saya apa sesungguhnya maksud Allah menciptakan saya di muka bumi ini. Hanya saja saya meyakini Allah menciptakan segala sesuatu bukan tanpa manfaat.
Yang pasti dalam hidup ini saya hanya ingin menjadi pribadi yang senantiasa bermanfaat dan membawa kebahagiaa bagi orang lain, meski itu hanya dengan membuat mereka tersenyum saja.

Misi hidup  : Membuat orang lain tersenyum dan bahagia dimulai dari keluarga
Bidang       : Pendidikan Ibu Profesional
Peran         : Penebar kebahagiaan

d. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
Ilmu agama,
Semua berawal dari sini. Untuk menjadi individu yang lebih baik, istri yang lebih baik, ibu yang lebih baik, dan makhluk yang lebih bermanfaat bagi umat tentunya harus didasari dengan ilmu agama yang semakin bertambah pula.

Ilmu manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga,
Belajar mengatur waktu, mengatur emosi, mengatur setiap langkah dalam mencapai target-target sebagai individu maupun sebagai ‘manajer dalam rumah tangga’.

Ilmu parenting,
Untuk bisa mendidik anak-anak menjadi generasi penerus yang sholeh dan senantiasa bermanfaat bagi umat dimulai juga dengan ilmu ini. Saya ingin bisa mendidik mereka dengan kasih sayang. Saya ingin bisa mendidik mereka dengan tanpa meninggalkan bekas luka masa lalu bagi mereka kelak mereka dewasa.

Ilmu Mompreneur,
Suatu saat saya akan memulai untuk memiliki usaha sendiri. Menambah penghasilan keluarga agar kami bisa lebih banyak bersedekah.

e.    Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
Nah ini dia kalau diminta menetapkan milestone per tahun dengan harapan benar-benar menguasai setiap ilmu dalam setiap tahun sepertinya kurang pas bagi saya. Karena menurut saya tetap akan ada yang berjalan beriringan.

KM 0 – KM 1 (tahun 1)  
Menambah ilmu agama dan menguasai ilmu parenting

KM 1 – KM 2 (tahun 2)
Menambah ilmu manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga,  dan mulai belajar ilmu mompreneur.

KM 2 – KM 3 (tahun 3)
Mulai mempraktekkan ilmu mompreneur.

f.      Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.
Untuk checklist saat ini sudah sesuai dengan milestone tahun 1, tinggal usaha untuk lebih konsisten dalam menjalankan checklist tersebut.

g.    Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
“Karena perjalanan ribuan mil selalu dimulai oleh langkah pertama, segera tetapkan KM 0 anda.”

Mari kita mulai perjalan perbaikan diri kita dari KM 0 ini.

No comments:

Post a Comment