Friday 24 August 2018

Materi Bengkel Diri: Adab Menuntut Ilmu (Bagian 1)

Allah berfirman dalam Al Qur'an surat Az Zariat ayat 56:

"Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku."

Ustadzah Wahyuningtyas Riski Fitriandini yang akrab dipanggil dengan ustadzah Fitri , dalam materi dasar Islam komunitas Bengkel Diri angkatan 4, menyampaikan bahwa ibadah yang dimaksud adalah ibadah dalam dimensi yang luas. Bukan hanya mencakup hubungan manusia dengan Allah saja, tapi juga mencakup hubungan manusia dengan diri sendiri  dan hubungan dengam manusia lainnya. 

Hubungan dengan Allah berkaitan dengan aqidah dan ibadah. Hubungan dengan diri sendiri berkaitan dengan akhlaq dan adab tentang pelaksanaan kegiatan sehari-hari, seperti cara makan, minum, berpakaian, dll. Hubungan dengan manusia lain berkaitan dengan hukum, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, dll. 

Seluruh aspek kegiatan dalam kehidupan kita ternyata bisa dinilai sebagai ibadah. Akan tetapi ada satu syarat yang harus dipenuhi agar kegiatan kita bernilai ibadah, yaitu kita tahu ilmunya. Tanpa kita berdasar pada ilmu maka apa yang kita kerjakan akan sia-sia dan tidak mendatangkan keridhoan dari Allah. Oleh karena itu, Allah berfirman "Allah mengangkat derjat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa derajat." (QS: Mujadalah 11).  Orang yang berilmu tahu mana kegiatan yang diridhoi Allah, bernilai ibadah sehingga mendekatkan ke surga dan mana kegiatan yang justru mendatangkan kemurkaan Allah sehingga mendekatkan ke neraka. 


#bengkeldiri #bengkeldiriangkatan4 #BD4Ummusalamah #resumeMDIsesi1BD46
#30DWC #30DWCjilid14 #squad6 #day3

No comments:

Post a Comment