Saturday 8 July 2017

Nice Home Work ( NHW #6 ) Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal



Peran ibu itu dalam keluarga itu ternyata sangat luar biasa. Seorang ibu harus bisa menjadi manajer yang handal dalam keluarga. Seorang ibu harus bisa membagi waktu dalam bermacam-macam kegiatan. Mulai dari membereskan rumah, memasak, mengatur keuangan keluarga, mengurus keperluan suami dan anak, mendamping anak bermain, mendamping anak belajar, antar jemput anak sekolah, dll. Semua kesibukan itu terkadang membuat ibu tenggelam dalam rutinitas. Mungkin kebanyakan ibu merasa waktu 24 jam itu kurang untuk mengerjakan semua tugas-tugasnya. Semua kesibukan itu membuat ibu terkadang lupa atau merasa tidak punya waktu untuk menemukan dirinya, untuk mengembangkan potensi dirinya, untuk memperbaiki diri agar bisa menjalankan peran hidupnya sebagai individu maupun sebagai ibu dengan lebih baik lagi.
Untuk bisa menjalankan semua tugas kita, menjalankan peran kita dengan lebih baik yaitu menjadi manajer keluarga yang handal, maka dalam NHW 6 ini kita diminta untuk menjalankan beberapa tahapan berikut:
1.   Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting
a.    Aktivitas penting
·  Beribadah
·  Mengurus keluarga
·  Mengembangkan diri
b.    Aktivitas tidak penting
·  Berselancar di dunia maya
·  Berselancar di dunia maya
·  Berselancar di dunia maya

2.   Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?
Masih fifty-fifty antara aktivitas penting dan tidak penting. Terkadang alasan capek bekerja membuat diri ini memaklumkan aktivitas tidur-tiduran dan berselancar di dunia maya dalam waktu lama.
Semoga dengan lebih banyak kegiatan positif kedepannya waktu untuk aktivitas tidak penting bisa dikurangi.
3.   Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.
Siap, harus membuka lagi NHW sebelumnya terutama NHW 5 agar kembali ingat tentang apa-apa saja yang menjadi target dalam hidup ini.

4.   Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut).
Siap, harus lebih disiplin waktu lagi.

5.   Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.
Disiplin dan konsisten. (Berat tapi harus bisa)

6.   Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan.





No comments:

Post a Comment