Tuesday 11 July 2017

Rejeki Itu Pasti, Kemuliaan Harus Dicari (Materi 7 Matrikulasi Institut Ibu Profesional)



Tak terasa program matrikulasi Institut Ibu Profesional batch 4 sudah sampai pada pekan ke-7. Minggu demi minggu saya mendapatkan banyak sekali ilmu. Mungkin belum sepenuhnya saya serap dan saya amalkan. Tapi setidaknya ilmu yang saya dapatkan selama program matrikulasi ini sudah membuat saya memperbaiki diri sedikit demi sedikit.
Saya mulai punya pegangan tentang visi dan misi hidup saya dan keluarga, mata saya menjadi lebih terbuka tentang apa yang harus saya lakukan dalam hidup ini, saya menjadi tahu apa-apa saja yang menjadi prioritas dalam hidup saya. Saya pun sekarang mulai mematuhi jadwal sehari-hari yang saya buat meski belum bisa 100% ‘on the track’ tapi ini sudah capaian yang bagus bagi saya.
Materi ke-7 ini sangat menarik bagi saya. Rasanya semua materi dari 1 sampai 7 semuanya menarik buat saya dan yang pasti sangat bermanfaat.
Materi ini membahas tentang BUNDA PRODUKTIF. Apa itu?
Bunda Produktif adalah bunda yang senantiasa menjalani proses untuk menemukan dirinya, menemukan “MISI PENCIPTAAN” dirinya di muka bumi ini, dengan cara menjalankan aktivitas yang membuat matanya “BERBINAR-BINAR”. Sehingga muncul semangat yang luar biasa dalam menjalani hidup ini bersama keluarga dan sang buah hati.
Pemaknaan Bunda Produktif ini adalah perasaan yang saya rasakan selama mengikuti program matrikulasi IIP. Saya belajar menemukan misi hidup saya, saya belajar menjawab pertanyaan sebenarnya untuk apa Allah menciptakan saya? Manfaat apa yang bisa saya hadirkan untuk orang-orang di sekeliling saya?
Dengan menemukan misi hidup saya pun menjadi jauh lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Saya jadi jauh lebih sibuk dibanding sebelumnya. Sibuknya saya bukan karena pekerjaan kantor saya yang numpuk tapi karena saya tiba-tiba jadi punya banyak kegiatan positif. Melihat catatan agenda saya sendiri saja saya kaget. Wuah saya sibuk ya sekarang. Waktu yang biasanya hanya saya gunakan untuk berselancar di dunia maya tanpa manfaat yang jelas, sekarang saya gunakan untuk banyak belajar. Alhamdulillah, semoga ikhtiar saya ini mendatangkan berkah untuk saya dan keluarga.
Disini juga dijelaskan bahwa Bunda Produktif memaknai semua aktivitas sebagai sebuah proses ikhtiar menjemput rejeki. Semua pengalaman para Ibu Profesional di Bunda Produktif ini, adalah bagian aktivitas amalan para bunda untuk meningkatkan sebuah KEMULIAAN hidup.
Tentang rejeki juga dijelaskan bahwa ‘Mungkin kita tidak tahu dimana rejeki kita, tapi rejeki akan tahu dimana kita berada. Sang Maha Memberi Rejeki sedang memerintahkannya untuk menuju diri kita.’
_____________________________________________________

Seorang ibu yang produktif itu agar bisa,
1.     Menambah syukur
2.     Menegakkan taat
3.     Berbagi manfaat
__________________________________________________________

Menjadi produktif itu adalah bagian dari ibadah, sedangkan rejeki itu urusan-Nya
Rejeki tidak selalu terletak dalam pekerjaan kita, Allah berkuasa meletakkan sekendak-Nya.





No comments:

Post a Comment