Saturday 14 April 2018

Matematika Ban Truk

Sepanjang perjalanan balik ke Pekalongan dari rumah Uti beberapa minggu lalu, kami juga mengajak anak-anak untuk mengamati ban truk. Sepanjang jalur pantura Jawa banyak dijumpai truk dengan aneka ukuran. Ada truk kecil yang hanya memiliki 4 ban, ada truk besar yang jumlah bannya sampai 22 buah.

Mereka semangat sekali menyebutkan nama-nama bangun datar dari setiap bagian truk. Ban berbentuk lingkaran, bak truk berbentuk persegi panjang, dan kaca depan truk yang ternyata juga berbentuk persegi panjang. Kami juga mencari perbedaan antara persegi dan persegi panjang.

Selalu seru membahas 'pelajaran' dalam suasana yang lebih menyenangkan. Anak-anak akan lebih mudah memahami materi tanpa membuka buku dan tanpa suasana belajar yang formal.

Kami juga mengajak anak-anak berlomba menghitung jumlah ban dari truk yang parkir di pinggir jalan. Lalu menjumlahkan semua ban yang ada pada beberapa truk yang kita temui. Meski terkadang permainan ini membuat merek eyel-eyelan dan sedikit berantem kemudian. Tapi justru konflik kecil ini bisa menjadi jalan untuk mengajarkan pada mereka bagaimana cara mengatasi konflik yang baik. 

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day7

No comments:

Post a Comment