Saturday 26 May 2018

Berkunjung ke TPI Tawang


Tanpa rencana sebelumnya, tiba-tiba saja kami terpikir untuk pergi ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tawang sepulang menjemput anak-anak dari sekolah. TPI Tawang terletak di Rowosari, Weleri, Kendal. Butuh waktu tempuh 1 jam 45 menit dari Kota Pekalongan.

Ini kali pertama saya dan anak-anak berkunjung, sedangkan suami sudah beberapa kali ke sini. Katanya harga ikan dan hasil laut lainnya lebih murah dibanding dengan TPI lain di daerah pantura barat. Dan benar saja, semua serba murah apalagi jika harganya dibandingkan dengan harga di pasar.



TPI Tawang terbagi menjadi dua bagian, ada tempat pelelangan ikan yang pembelinya adalah para bakul ikan. Saat kami datang, sedang ada pelelangan ikan teri. Sedangkan bagian lain adalah pasar ikan. Di sini berjejer-jejer pedagang ikan segar maupun ikan asin.



Anak-anak semangat sekali melihat ikan-ikan yang jarang mereka temui di pasar. Ada kepala ikan manyung, ikan sembilan, belut laut, aneka macam kepiting, udang, kerang, keong laut, dan juga gurita. Mereka juga senang bisa melihat para nelayan menurunkan hasil tangkapannya dari atas kapal. Sayangnya kondisi yang sangat becek, membuat anak-anak tidak bisa terlalu mendekat ke arah kapal.

Untuk berbelanja di pasar ikan TPI Tawang, kita harus bersabar karena harus telaten mencari harga termurah. Kata suami, kita harus pandai menawar di sini. Saya yang tidak pintar menawar hanya membuntuti suami yang telaten menanyakan harga dari satu pedagang ke pedagang lain.



Dan saking telatennya suami menawar, kita malah jadi kalap belanja seafood di sini. Kita sampai membeli ember berukuran sedang untuk membawa pulang belanjaan. Ada kepala ikan manyung, kepiting, keong laut, teri nasi, cumi dan juga kerang hijau yang kami bawa pulang. Tak terpikir sudah kapan mau dimasaknya. Kata suami, sudah kepalang tanggung jauh-jauh ke sini ya harus sekalian banyak belanjanya. Istri mana coba yang gak senang kalau suaminya bilang begitu. Hehehe.

Oh ya, biar belanjaan awet selama perjalanan, kita bisa membeli es batu juga di sini. Cukup dua ribu rupiah saja untuk dua balok es yang berukuran cukup besar.

Semangat berbelanja ikan membuat saya dan suami lupa kalau kita, termasuk anak-anak, sedang puasa. Padahal cuaca di sini panas sekali, cuaca khas pinggir laut. Tapi alhamdulillah anak-anak hebat tetap kuat puasa penuh meski diajak jalan-jalan dalam kondisi panas begitu. Good job, Nak!

#RuangBerkaryaIbu #IbuProfesional #MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta #KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu #Proyek2RBI #Day15
#semuaanakadalahbintang #institutibuprofesional #kelasbundasayang #Day9
#30DWC #30DWCJilid13 #Day10

No comments:

Post a Comment