Friday 18 May 2018

Puasa Hari Pertama Krucil



Assalamu'alaikum Ayah Bunda,

Bagaimana puasa si kecil hari pertama? 

Alhamdulillah Duo Fahlavi puasa penuh di hari pertama. Ini tahun ke-3 mereka belajar berpuasa dan tahun ke-2 insyaallah puasa penuh. Hari pertama tidak terlalu drama. Setelah sholat shubuh mereka langsung main sepeda bareng teman-temannya keliling perumahan. Bundanya yang lebay takut mereka kehausan langsung minta mereka pulang. Hehehe.

Mereka libur sekolah di hari pertama dan kedua puasa. Jadi siang ini mereka bermain seperti biasa, berkumpul di rumah bersama teman-teman seperumahan. Alhamdulillah mereka tetap kuat berpuasa meskipun melihat adik-adik kecilnya makan biskuit. Kata anak ragil, "Kan anak kecil belum ngerti puasa. Aku udah ngerti kok. Jadi gak pengen ikutan maem."


Bahkan jam 11 saat berangkat les Kumon si anak ragil bilang, "Aku gak lapar lho sampai siang gini."

"Alhamdulillah. Semoga bisa bertahan sampai nanti maghrib ya." jawab bunda.

Biasanya titik kritis justru ada pada sore hari setelah ashar. Dan benar saja, setelah bangun tidur  mereka mulai bergelimpangan. 

"Aku lemes banget tadi itu lho. Waktu bantu Bunda anterin ta'jil aku gak kuat naik sepeda, jadinya aku tuntun aja deh." cerita anak mbarep

Mungkin karena merasa lemas dan lapar, pada saat berbuka di mushola dia langsung semangat minum dan makan kue ta'jil. Sepulang sholat maghrib dia malah tampak lemas lagi. 

"Aku kekenyangan. Perutku penuh" kata anak mbarep tampak lesu.

Tidak baik berlebihan ketika berbuka. Makanlah secukupnya agar perut tidak terlalu kaget dan penuh. Kan semua yang berlebihan itu gak baik. Lagipula kalau perut terlalu kenyang, nanti jadi tidak nyaman sholatnya.

Karena sudah kekenyangan, akhirnya anak mbarep baru bisa minum sekotak susu coklat dingin yang sudah dipesannya tadi siang sesudah sholat trawih. Sementara anak ragil yang katanya tadi makan secukupnya di mushola bisa menikmati sop buah setelah sholat maghrib.  

Alhamdulillah mereka juga semangat sekali untuk sholat trawih. Lingkungan perumahan kami sebagian besar keluarga muda dengan anak-anak yang seumuran. Bulan Ramadhan terasa semarak sekali di sini. Setiap jam sholat suara anak-anak memanggil-manggil temannya untuk sholat ke mushola selalu membuat hati ini adem. Masyaallah semoga sampai dewasa kelak mereka selalu saling mengajak sholat berjama'ah. 


#RuangBerkaryaIbu #IbuProfesional #MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta #KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu #Proyek2RBI #Day7
#semuaanakadalahbintang #institutibuprofesional #kelasbundasayang #Day1
#30DWC #30DWCJilid13 #Day2

No comments:

Post a Comment