Friday 25 May 2018

Ramadan yang Kan Dirindukan

Derap kaki beriringan menuju satu arah
Celoteh ceria bersahutan sepanjang langkah
Senja pun bersemu merah membersamainya

Takjil sederhana menanti mereka di musala
Sederhana tapi membawa bahagia
Berbuka puasa bersama teman sebaya

"Bunda, tolong pecahin es batunya ya," pinta adik menyodorkan sebungkus es batu padaku. Waktu menunjukkan pukul 17.30, beberapa menit menuju waktu berbuka. Nafasnya terengah-engah, seperti habis berlari maraton. 

Dua jagoan kecilku sudah berangkat ke musala sejak jam lima tadi untuk mengikuti kultum sore. Tapi setiap menjelang berbuka mereka pulang hanya untuk mengambil es batu. Ide kreatif dari mereka sejak hari kedua Ramadan, membawa es batu ke musala. 

Setiap hari, kami warga perumahan, bergantian menyediakan takjil di musala. Makanan sederhana yang ternyata dinantikan anak-anak di waktu berbuka. Setiap sore mereka berbondong-bondong menuju musala. Membayangkan makanan apa yang akan mereka dapatkan kali ini. Teh hangat menemani menu takjil untuk mereka. Mungkin kurang segar segelas teh hangat untuk berbuka, mereka pun punya ide untuk membawa es batu dari rumah. 


Aku lihat mereka tampak sangat ceria berbuka puasa bersama teman-teman sebayanya. Sambil bercerita tentang apa saja. Bahkan kadang ada yang beradu kata. Tapi tak apa, itulah indahnya bersama. Kebersamaan yang hanya mereka temukan di bulan Ramadan.

"Aku titip ya, Bunda. Nanti tolong bawain pulang." tiba-tiba adik menaruh sebungkus kue di dekat sajadahku menjelang salat magrib berjamaah. Tanpa menunggu jawaban, dia sudah melesat berpindah tempat. Bermain, bercanda bersama teman-teman menanti iqomah dikumandangkan. 

Beruntung kalian ada di musala ramah anak. Celoteh riang kalian tak jadi amarah berlebihan. Ramahnya justru mengundang kalian tuk selalu datang tanpa beban.

"Aku tuh seneng banget lho kalau bulan puasa gini." kata si mas sepulang salat maghrib, "musalanya rame. Banyak makanan juga. Coba setiap hari bisa gini ya."

Memang banyak hal yang akan kita rindukan dari Ramadan, dan bagi anak-anak yang dirindukan adalah suasana ceria dan kebersamaan.

#RuangBerkaryaIbu #IbuProfesional #MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta #KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu #Proyek2RBI #Day14
#semuaanakadalahbintang #institutibuprofesional #kelasbundasayang #Day8
#30DWC #30DWCJilid13 #Day9

No comments:

Post a Comment