Tuesday 29 May 2018

Ujian Kenaikan Kelas

Mengharapkan anak untuk mendapatkan nilai dan ranking bagus pasti ada dalam pikiran semua orangtua, termasuk saya. Entah rumusan apa yang ada dalam kepala, tapi pikiran itu muncul dengan sendirinya. Terkadang membuat kita lupa tentang esensi belajar dan sekolah. Bukan sebuah pemahaman tapi mendewakan angka. 

Saya pernah terjebak dalam pemikiran itu. Meminta anak belajar sekuat tenaga pada saat ujian, meski di hari biasa sudah berlatih dan membaca. Saya tahu kalau bukan nilai tujuan akhirnya, tapi seperti di alam bawah sadar mendorong anak untuk mencapai nilai terbaiknya. 

Sampai suatu hari saya mengalami kejadian yang memilukan hati. Mengajari anak sulung dengan sepenuh jiwa tapi dia gak ngerti-ngerti juga. Dalam hati bertanya, apa memang hanya segini kemampuannya? 

Cara lain pun dicoba, lebih telaten, lebih kalem dan tutur bahasa dijaga. Menghadirkan suasana belajar yang ceria. Anak bahagia, nilai tinggipun bisa dicapainya. Tapi itu tak bertahan lama. Ketika kebosanan belajar kembali melanda, saya pun mulai kehabisan sabar seketika. Ingin cara singkat, anak langsung menguasai materi belajar semuanya.

Saya lupa, nilai lagi yang menjadi dewa. Tak peduli ekspresi masam tampak di wajahnya. 

Sekarang, pekan ujian kenaikan kelas. Saya mencoba berdiskusi dengan diri sendiri. Apa yang sebenarnya saya cari. Belajar atau mencari nilai. 

Saya mencoba menekan emosi, gengsi dan obsesi. Membebaskan anak-anak untuk mencari cara belajar sendiri. Membiarkan anak belajar dengan cara yang bisa mereka nikmati. Saya hanya menjadi pendamping bukan algojo yang akan panas kuping saat mereka tak mengerti. 

Saya hanya mengatakan, Bunda percaya pada kalian. Belajarlah dengan mandiri. Bunda ada kalau kalian mau bertanya tentang materi yang belum kalian pahami. 






#RuangBerkaryaIbu #IbuProfesional #MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta #KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu #Proyek2RBI #Day18
#semuaanakadalahbintang #institutibuprofesional #kelasbundasayang #Day12

No comments:

Post a Comment