Saturday 11 November 2017

Belajar Memahami Kompetisi

Anak ragil hari ini mendapat undangan untuk penerimaan plakat penghargaan dari Kumon. Penghargaan atas pencapaiannya yang bisa berada pada posisi 3 level diatas tingkatan kelasnya. 

Sebenarnya anak ragil dan anak mbarep berada pada level yang sama sekarang tapi karena penilaiannya dibandingkan tingkatan kelas maka anak ragil yang dihitung lebih jauh lompatannya. 

Kami menghadiri acara penghargaan berdua saja tanpa anak mbarep. Ini adalah kali kedua momen anak ragil mendapat piala dan anak mbarep tidak. Pencapaian pertama saat lomba renang dua minggu lalu.

Momen seperti ini menjadi tugas besar untuk saya dan Pak Bojo untuk menjelaskan pada mereka arti piala, kompetisi, penghargaan. Saat lomba remang lalu awalnya anak mbarep kecewa saat adiknya pulang membawa piala sementara dia tidak. Saya menjelaskan bahwa itu yang namaya kompetisi, ada menang san ada kalah. Yang paling penting bagi saya anak mbarep sudah mau dan berani untuk ikut lomba itu sudah juara. 

Begitu pula dengan hari ini, saya menjelaskan kalau adik mendapat piala karena adik bisa mengerjakan soal Kumon untuk kelas 4 padahal adik masih kelas 1. Mas pintar hanya saja harus lebih rajin lagi mengerjakan PR Kumonnya jika ingin piala seperti adik.

Baca juga : Ummi Pernah Dimarahi Uti?

#harike10
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip
#kelasbundasayang
#institutibuprofesional
#iippekalongan
#iipsemarang
#iipjawatengah

No comments:

Post a Comment