Friday 3 November 2017

Jadi Ibu, Jadi Teman

Hari ini adalah kedua menjalani game tentang Komunikasi Produktif di kelas Bunda Sayang. Sebenarnya tugas yang diberikan adalah membuat 'family forum' sebagai sarana komunikasi ala keluarga kita masing-masing. Berhubung partner saya dalam game ini adalah anak mbarep, saya tidak membuay 'family forum' yang terkesan formal. Saya berusaha menjalani game ini dengam natural mengikuti kondisi dan kegiatan anak mbarep saja. Akan tetapi saya menekankan pada diri saya untuk bisa menerapkan materi Komunikasi Produktif yang telah saya dapatkan di kelas Bunda Sayang ini. Harus ada perbaikan cara komunikasi antara saya dan anak mbarep setiap hari, itu intinya.

Hari ini saya menunggu anak-anak pulang mgaji di kursi taman depan rumah. Saya ingin anak mbarep bercerita tentang kegiatan mengajinya sore ini. Karena anak mbarep kadang kurang tertarik untuk bercerita panjang lebar, saya memakai sedikit trik untuk yang satu ini. Saya mengajak teman-temannya untuk berkumpul bersama kami. Lalu saya mulai dengan mengajak temannya yang suka bercerita untuk menceritakan kegiatan di TPQ tadi. Kemudian saya ajak anak ragil untuk bercerita dan giliran berikutnya adalah anak mbarep yang bercerita. Saya suka sekali momen seperti ini, ikut berkumpul dan bercerita bersama dengan teman-teman anak mbarep dan anak ragil. Saat bersama mereka saya berusaha mengikuti topik bahasan mereka dengan antusias. Saya menunjukkan ketertarikan saya untuk mendengarkan cerita-cerita mereka semua. Saya juga menyelipkan cerita tentang mengaji di masa kecil saya juga. Ternyata trik ini cukup efektif untuk memancing anak mbarep mau bercerita tentang kegiatannya di TPQ sore ini. 

Ternyata komunikasi produktif itu tidak harus dijalankan berdua saja lho, kita bisa melibatkan orang lain untuk membuat komunikasi lebih produktif. Seperti yang saya lakukan sore ini, anak mbarep malah antusias bercerita saat saya juga antusias menyimak teman-temannya bercerita. 

Baca juga : Beda Kata Merubah Rasa

#harike2
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip
#kelasbundasayang
#institutibuprofesional
#iippekalongan
#iipsemarang
#iipjawatengah


No comments:

Post a Comment