Tuesday 7 November 2017

Pecak Ikan Jalan Jawa

Selasa siang itu waktunya nge-date sama Pak Bojo. Mumpung anak-anak pada makan siang di sekolah. Itu artinya waktu kulineeeeerr. Yeayyyy.

Kali ini Pak Bojo yang menentukan pilihan. Katanya tadi teman-teman kantornya makan di Pecak Ikan Jalan Jalwa. Review dari teman-temannya sih mantabs sambelnya. Pak Bojo pengen kesana. 

Aduuuuh maapkan istrimu ini ya Pak Bojo, kalau ke rumah makan itu sih istrimu ini udah sering Paaak. Maklum lah ya istrinya Pak Bojo kan saingannya Ali Topan anak jalanan. Hehehehe. 

Yuks mari sekalian aja mumpung kita belum pernah kasih review tentang rumah makan ini ya. 



Taraaaaa ini dia penampakannya rumah makan Pecak Ikan Jalan Jawa. Rumah makan ini letaknya di Jalan Jawa, Kelurahan BendanKergon, Kecamatan Pekalongan Barat. Tidak jauh dari kantor Kelurahan. Rumah makan ini terkenal juga dengan sebutan Pecak Kandang Banteng. Lhoh??? Jangan kaget, bukan berarti di sekitarnya ada kandang banteng, tapi karena letaknya yang bersebelahan dengan posko salah satu parpol yang berlambang banteng. 

Rumah makan ini tempatnya cukup luas, bersih dan nyaman. Menu yang disediakan sebenarnya bermacam-macam seperti rumah makan pada umumnya. Tapi menu andalannya adalah pecak ikan. Saya baru mendengar nama pecak ikan itu di Pekalongan ini. Ternyata kalau makanan yang namanya pecak itu artinya dipenyet di atas sambel. Pecak paling populer di Pekalongan sendiri adalah pecak panggang, alias ikan panggang yang dipenyet sambel. Di rumah makan ini biasanya ikan panggang cucut, tongkol dan pe alias ikan pari yang disediakan untuk varian panggang. Meski yang lebih sering tersedia hanya panggang cucut. Kalau untuk varian goreng ada ikan pihi, dorang, gurame, kerapu, bandeng dan juga udang.

Hari ini kami mencoba menu yang seger yaitu sayur asem, pecak panggang cucut lengkap dengan tempe rebusnya dan yang gak boleh ketinggalan adalah sambel goreng pete. Wahh baru menyebut namanya aja sudah bikin ngiler ya. 

Sayur asem di rumah makan ini termasuk aliran sayur asem yang bening. Karena di rumah makan yang lain ada yang sayur asemnya gak bening, mirip sayur asem jakarta gitu. Tapi yang ini rasanya seger kok, dipadukan dengan sambel pecaknya yang nampoool banget. 

Beneran deh di siang yang terik makan sambel pecak ini dijamin bakal ngabisin tisu di meja. Bikin gobyossss. Sambel terasinya mantabs abisss. Apalagi ditambah dengan sambel goreng petenya. Jadi tambah maknyuzzzz. Meski bakal lebih makmyuzz lagi kalau petenya mentah atau dibakar aja. Lebih kriukzzz pasti ya.

Kalau pas jam makan siang, rumah makan ini lumayan rame. Banyak rombongan pegawai yang makan disini. Siang ini saja kami barengan dengan rombongan ibu Setda Kota Pekalongan beserta jajarannya yamg sedang makan siang disini juga.

So, tunggu apa lagi, segera merapat ke Pecak Ikan Jalan Jawa yuksss.



Pecak Ikan Jalan Jawa

🕖 Senin - Sabtu jam 07.00 - 16.00, Minggu tutup
💰 Sepaket nasi, sayur asem dan pecak ikan Rp. 15.500

Baca juga: Ayam Ungkep Kuripan







1 comment:

  1. Wih kayaknya enak ni, bisa mampir klo pas lewat ke pekalongan. murah gak ya

    ReplyDelete