Friday 10 November 2017

Ummi Pernah Dimarahi Uti?

Siang ini saat istirahat siang saya sejenak menemani kawan-kawan untuk makan siang sambil menonton serial Doraemon. Saya ibu yang berisik kalau menonton bersama mereka. Saya suka ikutan nimbrung dengan obrolan mereka tentang fim itu. 

Mungkin karen melihat ummi nya antusias mendengar cerita mereka tentang Doraemon ataupun Upin Ipin, anak mbarep pun bertanya pada saya siang ini, "Dulu waktu kecil Ummi sukanya nonton apa?"

"Ummi pun juga suka nonton Doraemon. Dulu, Ummi hanya boleh nonton TV pas hari Minggu saja. Lagipula dulu film anak-anak memang cuma ada di hari Minggu."

Saya menjelaskan itu sambil menemani anak mbarep bersiap tidur siang, sementara si adik masih belum selesai makan. Anak mbarep suka sekali mendengar saya atau ayahnya cerita tentang masa kecil kami. 

Saya pun melanjutkan cerita bagaimana ibu saya, Uti mereka begitu disiplin kepada saya. Saya bercerita pada anak mbarep bahwa kesepakatan-kesepakatan yang selama ini pernah kita buat itu juga pernah saya lakukan waktu kecil dulu. Membereskan tempat tidur, harus sarapan sebelum berangkat sekolah, tidur siang sepulang sekolah dan yang lainnya. 

"Ummi pernah dimarahi Uti juga?", tanya anak mbarep dengan mata berbinar. 

"Tentu pernah nak, semua orang tua kadang memarahi anaknya. Bukan karena tidak sayang tapi orang tua ingin mengingatkan anaknya. Kalau dengan perkataan pelan beberapa kali belum didengarkan, maka wajar kalau orangtua akam marah. Padahal marah itu capek lho?", lanjut saya.

"Ummi kalau marahin Mas capek?", anak mbarep kembali bertanya. 

"Iya dan kalau sering marah, capek jadi gampang sakit. Mas mau Ummi sakit?", tanya saya sambil menatap wajah anak mbarep. 

"Enggak. Mas tak nak ummi sakit. Mas sayang ummi, tak nak buat ummi marah."

Dan obrolan seru siang ini diakhiri dengan pelukan pada anak mbarep dan juga anak ragil yang tadi ikut mendengarkan cerita setelah selesai makan siang. 

Setelah keduanya terpejam, saya pun kembali berangkat bekerja.

Baca juga : Mengapa Gigimu Sakit?

#harike9
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip
#kelasbundasayang
#institutibuprofesional
#iippekalongan
#iipsemarang
#iipjawatengah


No comments:

Post a Comment