Sunday 10 December 2017

Mandiri Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Apa ya yang sedang dilakukan anak ragil dalam poto itu?

Ceritanya tadi siang sepulang dari mushola untuk mengikuti peringatan Maulid Nabi, anak ragil langsung membuka kulkas. Dia mau minum susu tapi sepertinya dia kesulitan membuka kaleng susunya. Saya sengaja diam saja menunggu reaksi berikutnya dari anak ragil yang super cerewet ini. 

Saya menahan senyum melihat usahanya. Dia utak atik kaleng susu sampai pengaitnya lepas. Saya menghitung mundur sampai dia menyerahkan kaleng itu pada saya dan meminta tolong dibukakan. Ternyata sampai hitungan habis, dia tak kunjung meminta tolong. Anak ragil malah pergi begitu saja. Saya pikir mau minta tolong ayahnya. Ternyata bukan juga, anak ragil pergi ke dapur untuk mengambil gunting. 

Saya semakin penasaran apa yang mau anak ragil lakukan dengan gunting dan kaleng susu?

Nah itu dia yang dilakukan seperti yang terlihat dalam poto di atas. Anak ragil berusaha membuka kaleng susu dengan gunting. Meski hasilnya gak terbuka sempurna karena gunting hanya bisa membuat lubang kecil, tapi setidaknya dia berhasil meminum susu itu sampai tetes terakhir. 

Lha terus apa hubungannya dengan mandiri?

Manfaat dari hidup mandiri adalah menumbuhkan rasa percaya diri, belajar menganalisa, bertanggung jawab, mengembangkan daya tahan mental, kreatif dan memiliki pemikiran kritis. 

Inilah hubungannya antara aksi membuka kaleng dengan belajar mandiri. Si anak ragil jadi lebih besar kemauannya untuk mengatasi masalahnya sendiri. Mencoba menganalisa masalah yang dia hadapi dan berpiki kritis untuk mencari solusinya. Ketika dia berhasil dengan pemikirannya maka akan tumbuh rasa percaya diri yang tinggi. 

Good job nak!!

Kemandirian erat kaitannya dengan rasa percaya diri. Apabila kita ingin meningkatkan rasa percaya diri anak, mulailah dari meningkatkan kemandiriannya.

Baca juga :  Melatih Kemandirian, Sepuluh Hari Untuk Selamanya


#harike11
#gamelevel2
#tantangan10hari
#melatihkemandirian
#edisibonus
#kuliahbunsayiip
#kelasbundasayang
#institutibuprofesional
#iippekalongan
#iipsemarang
#iipjateng

No comments:

Post a Comment