Saturday 23 December 2017

Aliran Rasa, Materi Level 2 Institut Ibu Profesional : Melatih Kemandirian Anak


Alhamdulillah pada level 2 ini saya mendapatkan badge Outstanding Performance yang artinya sudah mengerjakan tantanga selama 15 hari berturut-turut tanpa ada rapel karena terlewat hari. Peningkatan prestasi dibanding level 1, alhamdulillah semoga bisa lebih konsisten kedepannya.

Melatih Kemandirian Anak, materi level ini sangat luar biasa efeknya bagi saya dan keluarga. Awalnya saya berpikir ini tantangan yang mudah karena saya memang sudah membiasakan kawan-kawan untuk mandiri sejak mereka kecil. Ternyata proses dan hasilnya justru diluar ekspektasi saya. Selama ini saya dan Pak Bojo membiasakan kawan-kawan untuk mandiri bukan dengan mengajak tapi menyuruh. Selama ini saya juga tidak detail mengamati proses dan hasilnya. Saya hanya puas dengan yang tampak mata,  capaian mereka sudah sesuai dengan target yang saya inginkan. Tapi saya melupakan satu hal, apa mereka menjalaninya dengan bahagia?

Alhamdulillah dengan menjalankan tantangan ini saya 'dipaksa' untuk mengamati proses dan hasilnya. Saya merasakan manfaat positif sejak di level 1. Komunikasi saya dengan anak-anak menjadi lebih produktif, saya merasa jauh lebih dekat dan mengenal anak-anak. Terlebih untuk level 2 ini, mata saya berbinar saat Pak Bojo mengatakan kalau saya banyak berubah. Intensitas marah saya ke anak-anak sudah jauh berkurang. Pak Bojo juga mengatakan kalau saya sekarang menyediakan waktu lebih banyak untuk membersamai anak-anak. Alhamdulillah, semangat saya untuk belajar di Institut Ibu Profesional ini semakin bertambah.

Ada satu hal yang membuat terharu yaitu mendapat hadiah besar dari kawan-kawan kecil saya. Hadiah besar yang pernah saya ceritakan pada tulisan sebelumnya, Kami Lebih Suka Ummi yang Seperti Ini. Mereka seakan menunjukkan kalau mereka lebih suka saya yang seperti ini. Mereka menunjukkan bukan dengan kata tapi dengan prestasi. Anak ragil meraih peringkat 1 dikelasnya pada Semester 1 ini. Anak mbarep alhamdulillah luar biasa juga mengalami peningkatan pesat pada hasil belajarnya, dia yang selama kelas 1 dulu tidak masuk 10 besar, sekarang bisa meraih peringkat 3 di kelasnya dengan isi kelas masih teman-teman yang sama. Ini hadiah istimewa bagi saya.

Pak Bojo pernah mengatakan, baik tidaknya perkembangan anak itu sangat bergantung usaha orangtuanya terutama ibunya. Inilah semangat saya untuk terus belajar memantaskan diri sebagai istri dan ibu yang semakin profesional.

Anak-anak sudah hebat,
kitalah orangtuanya yang memantaskan diri.
(Septi Peni Wulandari, founder Institut Ibu Profesional)
#aliranrasa
#gamelevel2
#tantangan10hari
#melatihkemandiriananak
#kuliahbunsayiip
#kelasbundasayang
#institutibuprofesional
#iippekalongan
#iipsemarang
#iipjawatengah

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete