Tuesday 19 December 2017

Duo Fahlavi Belajar Berbicara?



Pulang kerja sore ini disambut dengan cerita seru dari kawan-kawan kecil saya. Mereka membuka kulkas dan menunjukkan hasil karya mereka. 

Es Krim Milo.

Mereka membuatnya bersama siang ini, saat saya masih kerja. Saya pun meminta mereka menjelaskan bagaimana cara membuat Es Krim Milo nya itu. 

Ini edisi pertama sekaligus edisi percobaan. Tujuan saya untuk melatih kepercayaan diri mereka dan juga mengembangkan kemampuan verbal mereka. Setelah bulan lalu saya ajak mereka menulis cerita tentang 'serunya hari mereka', sekarang kita latihan berbicara. 




Setelah melalui edisi percobaan menjelaskan cara membuat Es Krim Milo, saya tawarkan kembali pada kawan-kawan kecil saya, "Siapa yang mau menjelaskan lagi cara membuat es krim sendirian bukan berdua?".

Anak mbarep langsung bersemangat dan anak ragil langsung mengatakan, "Aku tak nak."

Baiklah ini dia anak mbarep dengan susunan katanya sendiri. Good job nak, berusaha memperbaiki susunan kata setelah melihat rekaman video edisi percobaan tadi.


Ok, next time kita belajar menyusun kalimat yang lebih baik lagi ya nak. 

No comments:

Post a Comment