Sunday 31 December 2017

Refleksi Diri Tahun 2017


Me n my luvly family


31 Desember 2017

Alhamdulillah perjalanan sepanjang tahun 2017 sangat menyenangkan. Pak Bojo berkata saya banyak berubah. Level meledak-ledak saya mulai berkurang. Saya sudah gak terlalu baper dengan masalah kantor. Saya sudah jarang mengeluh bahkan gak pernah mewek-mewek karena masalah kantor dan seisinya.

Alhamdulillah saya merasa quality time dengan keluarga menjadi jauh lebih berkualitas. Saya merasa banyak hal yang bisa saya syukuri di tahun ini. Saya merasa tahun ini hati saya lebih tenang. Saya lebih kalem dalam menghadapi setiap persoalan. 

Alhamdulillah juga tahun ini saya diberi kesempatan belajar tentang banyak hal. Sudah lulus belajar Ilmu Sharaf dan akhir tahun ini melanjutkan belajar Ilmu Nahwu, semoga bisa lulus juga. Lulus program hafalan hadits level 1, gak lulus di level 2 karena gak bisa ikut ujian dan mulai akhir tahun ini mengulang level 2 dari awal. Program One Day One Line semoga lebih semangat di tahun depan agar bisa membersamai muroja'ah anak-anak dengan lebih optimal. Sayang untuk belajar Tahsin belum bisa konsisten, padahal gratis dan hanya seminggu sekali, tapi banyak sekali alasan yang membuat sering absen. Astaghfirullah.Bergabung di Institut Ibu Profesional menjadi gerbang yang membuka jalan  untuk semakin semangat menemukan passion saya. Bergabung dengan komunitas menulis dan komunitas mendongeng menjadi langkah awal untuk membangun mimpi di masa depan. 

Alhamdulillah banyak hal yang bisa saya syukuri di tahun 2017. Perjalanan dalam rangka bekerja yang membuat saya bertemu bermacam-macam kondisi dan karakter responden lagi-lagi membuat saya diingatkan untuk bersyukur. Proyek besar Sensus Ekonomi 2016 Lanjutan mempertemukan saya dengan para mitra, saudara-saudara baru saya di Kota Pekalongan tercinta. 

Alhamdulillah semua berjalan menyenangkan meski bukan berarti sempurna. Percikan percikan masalah juga pasti ada. Gesekan dengan tetangga, benturan dengan teman kerja, selisih paham dengan teman-teman lainnya maupun dengan keluarga itu mewarnai langkah di tahun ini juga. Beberapa kejutan yang tidak diharapkan juga pernah muncul dan mengalirkan air mata. Tapi semua itu menjadi pelajaran berharga untuk refleksi diri ini yang memang penuh dosa.

Satu hal yang menjadi catatan tahun 2017 adalah semangat yang luntur dalam menjaga kesehatan. Sudah dapat teguran dari Pak Bojo akhirnya tentang yang satu ini. 

Alhamdulillah perjalanan tahun 2017 diakhiri dengan beberapa silaturahim pada keluarga dan teman. Perjalanan yang cukup menghangatkan hati dan jiwa. 

Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah tahun 2017 diawali dengan senyuman dan diakhiri dengan senyuman. Rasa syukur yang luar biasa untuk tahun penuh cerita dan ceria.

Ayat favorit saya di tahun 2017
Photo dari instagram @alia bonnie 

Maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan?


1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete