Friday 1 December 2017

Kemah Di kamar Kita

Tak pernah terpikirkan sama sekali sebelumnya kalau saya akan punya dua jagoan cilik yang alhamdulillah sangat aktif dan kreatif. Setiap hari selalu ada kejutan dari mereka, kamar mandi basah sampai plafon, mobil-mobilan berjejeran di ruang tengah, jejak tanah menghiasi lantai, dan masih banyak lagi. Dulu memang sempat 'panas' melihat itu semua, tapi seperti kata iklan 'kalau gak kotor gak belajar'. 

Lalu dibiarkan saja?

Iya biarkan saja mereka berkreasi tapi kita ajarkan untuk bertanggung jawab. Boleh bermain apa saja asal dibereskan sesudahnya. Ini juga menjadi ajang mengajarkan kemandirian pada mereka. Ya meski seperti 'radio rusak' umminya ini alias harus terus mengingatkan. Tapi tak apa, bukankah momen seperti yang akan kita rindukan saat mereka sudah besar nanti?

Nah seperti ini contohnya, kemarin pas masuk kamar mereka saya gak menemukan mereka termasuk semua bantal dan guling pun tak ada. Hanya ada bentangan selendang diantara dua tempat tidur mereka. "Wah ayah kawan-kawan kemana ya? Kok gak ada?", saya tersenyum di balik selendang sambil bertanya pada ayahnya.

"Taraaaaa kita lagi kemah disini. Kita tidurnya di bawah.", mereka muncul dari balik 'tenda'. Kita sudah tata semuanya disini untuk kemah. 

Anak ragil di balik tenda

"Umi boleh ikut?", tanya saya sambil mengintip ke dalam tenda setelah mereka sudah masuk tenda lagi. 

"Tak boleh lah, tak muat. Umi kan besar", jawab anak ragil. 

Rupanya bantal dan guling sudah berpindah ke dalam tenda mereka. Lengkap dengan alas tidur dari selimut dan kain yang sepertinya mereka ambil sendiri dari lemari. Wah banyak juga ya 'properti' yang digunakan untuk membangun tenda ini. 

Tapi alhamdulillah karena selama ini sudah diajak untuk bertanggung jawab dan mandiri dalam membereskan 'hasil kreasi' mereka, jadi saya gak khawatir dengan acara kemah di dalam kamar ini. Setelah selesai acara kemah ini semua properti kembali ke tempat semula tanpa terlalu banyak energi umi keluar untuk nyerewetin. 

"Ayo yang paling cepat dan rapi menata alat kemahnya boleh dapat pelukan Umi duluan.", reward ini masih sangat menarim untuk mereka, alhamdulillah. 

Saat berberes seperti ini jadi teringat lagu yang sering dinyanyikan di sekolah saat TK mereka dulu.

Beres...beres...waktu telah tiba.
 Simpan mainan ke tempat semula.



#harike2
#gamelevel2
#tantangan10hari
#melatihkemandirian
#kuliahbunsayiip
#kelasbundasayang
#institutibuprofesional
#iippekalongan
#iipsemarang
#iipjawatengah

No comments:

Post a Comment