Sunday 18 February 2018

Arjuna Si Pengawas Sampah

📷 source: pinterest


"Kenapa kok kalau hujan jalan-jalan pada banjir Bunda?" Arjuna bertanya sambil menatap genangan air dari balik jendela mobil. 

Seharusnya air hujan mengalir ke dalam got bukan menggenang di jalanan. Air dalam got akan mengalir menuju sungai lalu bermuara di lautan. Tapi sayangnya sekarang aliran air dalam got banyak yang tidak lancar, tersumbat oleh sampah. Begitupun air sungai, sekarang mulai tak lancar mengalir ke hilir. 

"Kenapa ada sampah di got? Sampah kan harusnya di tempat sampah." begitulah pendapat polos anak umur 5 tahun yang masih memegang teguh teori yang benar.

Nak, seandainya semua orang dewasa di luar sana masih mengingat apa yang diajarkan orang tuanya semasa mereka kecil, mungkin got-got dan sungai-sungai itu masih jernih sampai sekarang. Tapi sayangnya bawaan orang dewasa itu suka lupa Nak. Termasuk lupa di mana tempat membuang sampah. 

"Jadi kita harus ingetin tante-tante sama om-om yang lupa dimana tempat buang sampah ya Bunda?" matanya berbinar merasa mendapatkan mandat baru yang harus dilaksanakan. 

Sebenarnya menjaga kebersihan itu adalah tugas kita semua. Mengingatkan orang lain yang berbuat salah termasuk membuang sampah di got dan sungai juga tugas kita. Karena Allah memerintahkan untuk saling mengingatkan dalam kebaikan. 

Obrolan seru Bunda dan Arjuna membuat perjalanan ini menjadi cepat. Tanpa terasa kita sudah mau sampai di rumah. Setelah jembatan di depan sana lalu belok kanan, sampai deh kita di rumah. 

"Pelan Ayah ... pelan Ayah ...." tiba-tiba Arjuna berteriak meminta ayahnya mengurangi kecepatan laju mobil ketika bergerak menaiki jembatan. Dan seketika dia membuka jendela. 

"Ooooommm buang sampah itu gak boleh di sungai tauuu. Nanti banjiiir. Buang di tempat sampah doong." 


Tulisan ini diikutkan dalam challenge grup Menulis Cerita Anak. Tantangan untuk membuat cerita fiksi bertemakan superhero dengan pesan cerita menjaga lingkungan. #kelasmenulisceritaanak
#kelasMCA

#odopfor99days #odopfor99days2018 #odopday48
#onedayonepost #ODOPbatch5 #ODOPday27
#PerempuanBPSMenulis #MenulisAsyikdanBahagia #15haribercerita #harike16

6 comments:

  1. Keren.
    Kenalin dong sama si arjuna itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe bisa aja. Salam kenal ya. Planet apa di odop?

      Delete
  2. Inspiratif 👍👍👍 pikiran anak kecil mmg sederhana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak begitu polosnya mereka malah terkadang membuat kita 'tersenggol' dibuatnya

      Delete
  3. Selalu suka sama tulisan yg ada percakapan anak-anaknyaa💓

    ReplyDelete
    Replies
    1. Polos dan selalu mengejutkan ya mereka🤗

      Delete