Wednesday 7 February 2018

Memahami Gaya Belajar Anak (Hari Ke-7)


"Sakit lambung itu apa Ummi?"

Malam ini tiba-tiba saya mendapatkan pertanyaan dadakan lagi dari si anak ragil. Arka, teman sekelasnya beberapa hari ini tdak masuk sekolah karena sakit lambung.

Anak ragil memang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Saya dan Pak Bojo sering mendapatkan kejutan-kejutan pertanyaan dari anak ceriwis ini. Alhamdulillah, hal ini membuat kami tambah semangat untuk terus belajar. Siap sedia ketika pertanyaan dadakan tiba-tiba terlontar.

Saya pun menjelaskan kinerja lambung pada anak-anak. Bukan hanya anak ragil yang menyimak tapi anak mbarep juga sangat antusias mendengarkan cerita saya. Alhamdulillah sekali menjawab pertanyaan saya mendapatkan dua pendengar sekaligus.

Lambung memiliki tugas melumat makanan yang masuk perut sebelum kemudian sari-sari makanan akan diserap usus dan dikirimkan ke seluruh tubuh. Sari-sari makanan ini yang berguna sebagai bahan bakar kita melakukan semua aktifitas.

Lambung akan terus bergerak saat ada ataupun tidak ada makanan di dalamnya. Kalau kita malas atau terlambat makan, maka lambung akan tetap bergerak meremas tanpa ada makanan di dalamnya. Lama-lama dinding lambung akan bergesekan dan luka. Coba adik sama mas gosok-gosok lengannya, lama-lama sakit gak?

"Iya, panas lama-lama", kata anak mbarep.

Nah, dari awal rasa panas yang muncul kalau terus bergesekan tanpa ada makanan di dalamnya, maka dinding lambung akan luka. Perut kita akan terasa perih. 

Itulah kenapa Ummi dan Ayah selalu mengingatkan adik dan mas agar gak terlambat makan. Karena Ummi dan Ayah gak mau anak-anaknya sakit. 

***

Momen menjawab pertanyaan anak-anak seperti ini sangat berguna untuk menyelipkan 'pesan penting' pada mereka. Seperti cerita kemarin tentang bisikan setan, sangat efektif untuk mengingatkan mereka kalau sikapnya sedang kurang baik. 

Kita sebagai orang tua harus bisa memanfaatkan momen ini. Banyak-banyak membaca agar kita selalu siap mendapatkan pertanyaan kejutan dari anak yang punya rasa ingin tahu tinggi seperti ini. 


#harike7 #tantangan10hari #gamelevel4 #kuliahbunsayiip #institutibuprofesional
#odopfor99days #odopfor99days2018 #odopday39
#onedayonepost #ODOPbatch5 #ODOPday17
#PerempuanBPSMenulis #MenulisAsyikdanBahagia #15haribercerita #harike6

10 comments:

  1. Penasaran anak bikin ortu belajar juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak betul. Biar bisa menjawab kuis dari mereka.

      Delete
  2. Alhamdulillah
    Matur suwun bunda, jadi nambah ilmunya :)

    ReplyDelete
  3. Wah saya kok malah fokus ke hastagnya ya. Menjadi Ibu yang super aktif menulis sepertinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ibu yang lagi semangat belajar. Ibu yang suka paket hemat, buat satu tulisan untuk memenuhi semua tugas.

      Delete