Tuesday 6 February 2018

Memahami Gaya Belajar Anak (Hari Ke-6)


"Ummi, katanya dulu pernah dunia ini belum ada manusianya ya? Trus manusianya ada dimana?", anak ragil membuka percakapan dalam mobil di tengah padatnya jalanan pantura.

Cukup terkejut dengan pertanyaan dadakan ini. Sempat bingung juga mau menjawab apa. Tapi seketika yang terpikir dalam benak saya adalah kisah Adam dan Hawa. Saya ceritakan pada mereka bahwa manusia pertama yang diciptakan Allah adalah Adam di surga. Semua makhluk bersujud melihat keagungan ciptaan Allah yang begitu sempurna. Tapi setan menjadi satu-satunya makhluk yang tak mau tunduk. Diciptakam dari api membuatnya merasa lebih segalanya dari makhluk yang hanya tercipta dari tanah.

Allah pun murka, menghukum setan untuk menjadi penghuni neraka selamanya. Setan tak mau terima begitu saja. Dia berkata akan mengajak serta anak cucu Adam menikmati panasnya neraka. Godaan pertama dilakukan  pada Adam dan Hawa, perempuan yang diciptakan Allah untuk mendampingi manusia pertama agar tidak kesepian dan melengkapi fitrahnya untuk memiliki keturunan berupa anak-anak. Setan menggoda mereka untuk memakan buah Khuld yang sudah dilarang Allah untuk mereka memetiknya. Tapi ternyata mereka tergoda dan sebagai hukumannya, Allah mengirimkan Adam dan Hawa ke bumi. Dan setan ikut menemani untuk terus berusaha menyesatkan anak cucu Adam agar masuk neraka kelak di hari akhir bersamanya.

"Jadi kalau adik lagi suka marah, itu tandanya adik lagi dibisikin setan biar dosanya bertambah dan nanti bisa ikut ke neraka.", tambah saya dengan nada agak drama.

"Aahaaa Mamas pun sama. Berarti Mamas itu sering dibisikin setan soalnya Mamas sering nakalin aku", jawabnya tak mau kalah. Mamasnya yang dari tadi menyimak cerita dengan antusias langsung tersenyum kecut mendengarnya.

Percakapan ini terus berlanjut sampai kita sudah sampai di rumah. Dan cerita bisikan setan lumayan ampuh menjadi 'senjata' dalam mengendalikan mereka. Tentunya ditambah dengan intonasi dan ekspresi yang meyakinkan terutama untuk si anak visual saya.

***

Alhamdulillah anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Inii adalah salah satu ciri-ciri dari anak pembelajar. Jangan sia-siakan momen seperti ini untuk memasukkan nilai-nilai berharga yang perlu ditanamkan guna investasi akhlak yang baik pada diri mereka.

#harike6 #tantangan10hari #gamelevel4 #kuliahbunsayiip #institutibuprofesional

2 comments:

  1. Wah hebat. Memang golden moment anak2 belajar itu ketika ia bertanya, berarti ia sudah siap menerima ilmu. 😊

    Salam kenal bunda,
    shintadwijiarti.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, dan kita para orang tua harus selalu semangat belajar juga biar siap siaga menjawab kuis dari mereka. Hehe

      Salam kenal.

      Delete