Friday 23 February 2018

Lepaskan Beban Bersihkan Perasaan


Jalani apa yang membuatmu nyaman bukan yang menambah beban. Kenyamanan akan menyemangatimu pada kebermanfaatan bukan obsesi yang meracuni pikiran.
Terus belajar dan berbagi.
 Terus berubah untuk menjadi lebih baik lagi.
Terimakasih teman-teman yang telah menyusupkan virus semangat belajar. Saya bukan pembelajar yang cepat. Jadi bertemu dengan teman-teman yang saling menghargai dan memahami kelambatan orang semacam saya itu rasanya syukur luar biasa. Setelah sebelumnya sempat bertemu orang yang berkata, "Kalau mau berlari bersamaku ayo, tapi kalau kau tak kuat berlari maaf aku tak bisa menunggumu." 

Sempat tersudut ke pojok terbawah kaleng biskuit saat mendengar kalimat itu. Merasa bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Sempat meratap tentang betapa tidak bergunanya saya ada dalam lingkaran ini. Sempat bertanya-tanya kenapa saya didamparkan ke sini jika hanya untuk menjadi kepingan kecil yang mengganjal roda berputar.

Tapi saya juga harus berterimakasih pada teman  yang mengatakan kalimat luar biasa itu, karena dia menyadarkan saya kalau track berlari kita berbeda. Alhamdulillah di luar sana masih banyak teman-teman hebat yang dengan rendah hati dan sabar sekali berbagi ilmunya pada kami yang masih di titik nol ini.

Dan benar adanya orang bijak berkata, jangan terlalu lama berkubang dalam kotak korek api. Melompatlah lebih tinggi dan lihatlah bertebaran bintang di sana yang jauh lebih mempesona dibanding manusia-manusia yang hebat secara tampak mata di depanmu selama ini.

Allah menciptakanmu dengan amanah besar. Jangan biarkan cermin cembung seperti mereka menyurutkan langkahmu untuk menebar manfaat bagi sekitarmu. Karena cermin cembung hanya akan menghasilkan penilaian yang lebih kecil dan semu pada siapapun yang ada  di hadapannya.

Teruslah melangkah, jangan biarkan bayangan cermin cembung membuatmu berhenti untuk menebar manfaat pada sekitarmu. Teruslah menggali potensi diri agar semakin jelas apa misi penciptaanmu ke dunia ini. 

(Tulisan ini saya buat untuk membersihkan perasaan dan mewaraskan diri dari segala beban yang merusuhi pikiran. Ada kalanya kita terpuruk dan ada kalanya kita harus bangkit lagi.)


#odopfor99days #odopfor99days2018 #odopday51
#onedayonepost #ODOPbatch5 #ODOPday30
#PerempuanBPSMenulis #MenulisAsyikdanBahagia #15haribercerita #harike19

4 comments:

  1. Mba tulisannya menyemangatiku, keep spirit mba be 😍😘😘😘

    ReplyDelete
  2. Keep spirit mbak. Hehehe itu curhatan saya yang lagi rapuh mbak. Semoga setelah tertuang dalam tulisan bisa menjadi terapi tersendiri. Alhamdulillah kalau bonusnya bermanfaat bagi yang ikut membaca.

    ReplyDelete