Sunday 18 February 2018

Relawan Keluarga Kita (RANGKUL)

Modul belajar Kelas Kurikulum RANGKUL part 1
Alhamdulillah Sabtu (16/2) saya bertemu dengan teman-teman yang memiliki energi dan semangat belajar yang luar biasa. Saya bersyukur bisa bergabung dengan satu lagi komunitas yang mendukung resolusi 2018 saya, "Terus belajar dan berbagi. Terus berubah tuk menjadi lebih baik lagi."

Bertempat di Rumah Makan Pande Rasa Kota Pekalongan, kami belajar dalam Kelas Kurikulum RANGKUL mulai jam 09.00 - 17.00. Kami menerima banyak materi bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga dan nantinya diharapkan bermanfaat untuk lingkungan sekitar, karena peserta hari ini akan menjadi RANGKUL alias Relawan Keluarga Kita. 

Komunitas Keluarga Kita adalah komunitas yang peduli dengan perbaikan pola pengasuhan anak-anak di negeri ini. Mereka memiliki tagline "Mencintai Dengan Lebih Baik" yang dimaksudkan bahwa yang terpenting bukan hanya menunjukkan seberapa banyak cinta kita untuk keluarga, tetapi bagaimana mencintai dengan lebih baik untuk cita-cita yang lebih besar. 

Keluarga Kita hadir karena tahu bahwa setiap anggota keluarga perlu terus belajar. Dan untuk menebarkan virus belajar itu, mereka mengajak banyak orang untuk menjadi RANGKUL alias Relawan Keluarga Kita. RANGKUL diharapkan bisa menebarkan ilmu yang telah didapatkan pada orang tua lain seputar pengasuhan yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak. Karena pada akhirnya, tanggung jawab pengasuhan adalah peran kolektif untuk masyarakat dan negara yang lebih baik, bukan hanya dari dan untuk satu keluarga.

Momen pembelajaran Kelas Kurikulum RANGKUL pertama ini membuat saya semakin berbinar karena dipenuhi dengan kekaguman pada teman-teman peserta maupun pada materi yang disampaikan. Ada sekitar 25 orang yang hadir dan tidak semua berasal dari Kota Pekalongan. Ada yang dari Brebes, Yogyakarta dan Indramayu. Sungguh luar biasa semangat belajar mereka sampai mengejar ilmu ke luar kota. Bukan gratis lho acara ini. Untuk menjadi RANGKUL kita daftar dengan membayar biaya yang menurut saya tergolong tidak murah. Saya kemarin mengajukan beasiswa sehingga saya boleh membayar setengahnya saja. Setelah mencari tahu, ternyata pertimbangan utama penerima beasiswa adalah sudah tergabung dalam suatu komunitas sebelumnya. 


Peserta Kelas Kurikulum RANGKUL terdiri dari berbagai latar belakang. Ada ibu rumah tangga, ada pegawai rumah sakit, ada praktisi homeschooling, dan sebagian besar berprofesi sebagai guru. Nah yang terakhir saya sebutkan ini membuat saya menaruh secercah harapan akan masa depan anak bangsa. Kenapa? Teman-teman yang berprofesi sebagai guru di sini tergabung juga dalam Komunitas Guru Belajar (KGB). Melihat semangat para guru untuk belajar pola pengasuhan yang baik itu rasanya seperti tenggorokan kering tersiram air putih es. Segeeeeer.

Nah lanjut pada materi yang diberikan pada Kelas Kurikulum RANGKUL pertemuan pertama. Materi yang dipelajari bagi saya sangat bermanfaat, sangat menarik dan membuat saya langsung berpikir, "Gak rugi saya membayar mahal untuk ikut acara ini. Karena ilmu yang seperti ini memang mahal harganya." Kami diberikan materi tentang Hubungan Reflektif, mulai dari pemahaman salah kaprah tentang hubungan dengan keluarga yang kita pahami selama ini, macam-macam emosi dan cara pengelolaannya, cara komunikasi yang efektif, penyelesaian konflik sampai manajemen waktu. Semua materi disampaikan dengan cara yang menyenangkan, ada sesi sharing dan juga sesi bermain game. Para fasilitator yang menyampaikan materi datang langsung dari kepengurusan pusat Keluarga Kita, Jakarta. 

Tak sabar menunggu pertemuan ke-2 dengan para fasilitator dan RANGKUL semua. Pada pertemuan di awal Maret nanti kita akan belajar tentang Disiplin Positif dan juga praktek sebagai RANGKUL ketika nanti bertugas pada SESI BERBAGI CERITA. 

Untuk teman-teman yang ingin tahu lebih lanjut tentang Komunitas Keluarga Kita:


Instagramn : @keluargakitaid 
Website Keluarga kita : http://keluargakita.com/ 
Website Relawan Keluarga Kita (RANGKUL) :  http://rangkul.keluargakita.com/ 


#odopfor99days #odopfor99days2018 #odopday49
#onedayonepost #ODOPbatch5 #ODOPday28
#PerempuanBPSMenulis #MenulisAsyikdanBahagia #15haribercerita #harike17

15 comments:

  1. Kemarin pas ada acara rangkul di depok saya ga bisa ikutan, semoga diadakan lagi. Salam kenal ya mba^^...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbak.
      Iya semoga ada perekrutan Rangkul batch berikutnya ya mbak

      Delete
  2. Wah info nya menarik di tulis dgn apik membuat orang jadi tertarik, keren mba 💕

    ReplyDelete
  3. Wuah ... Info yang bermanfaat. Terimakasih Mbak ^_^

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Sama-sama. Terimakasih sudah mampir ke rumah saya. :-)

      Delete
  5. Keren Mba tulisannya. Dan infonya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Sama-sama. Terimakasih sudah mampir 🤗

      Delete
  7. Cara untuk ikut gimana ya? Saya perlu bantuan

    ReplyDelete