Sunday 11 February 2018

Lolong Adventure

Keluarga Subagiyo jalan-jalan ke Lolong Adventure

Assalamu'alaikum

Keluarga Subagiyo hari ini jalan-jalan ke Lolong Adventure, Kabupaten Pekalongan. Sebuah perjalanan yang gak direncanakan. Tadi pagi saya dan anak-anak ikut Pak Bojo ke 'Car Free Day (CFD) Kajen, Kabupaten Pekalongan. Pak Bojo sedang ada acara sosialisasi Gebyar Lelang di sana. Nah sepulang acara kita langsung mampir ke Lolong Adventure ini.

Apa itu Lolong Adventure?

Lolong Adventure adalah kawasan wisata alam yang berlokasi di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Obyek wisata yang dikelola oleh para pemuda karang taruna Desa Lolong ini menyediakan berbagai wahana rekreasi alam yang super seru terutama bagi para petualang. Ada beberapa wahana rekreasi alam yang dikembangkan oleh Lolong Adventure yaitu rafting (arum jeram), river tubing, outbound, dan camping. Kalau gak ingin mencoba semua wahana itu, kita juga bisa kok duduk-duduk di gazebo atau bermain air di pinggir sungai yang sangat jernih dan berarus deras ini. Membawa bekal untuk makan bersama keluarga menjadi pilihan yang menyenangkan juga. 

Lolong Adventure berjarak sekitar 22 km dari pusat Kota Pekalongan. Teman-teman dari luar kota bisa memanfaatkan moda transportasi bis atau kereta api ke kota batik ini. Setelah itu bisa melanjutkan perjalanan ke Desa Lolong menggunakan Go Car, Grab atau taksi. Tarif Go Car ke sana sekitar 79 ribu saja dari stasiun Pekalongan.

Memasuki Desa Lolong kita akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah. Sepanjang perjalanan kita akan menemukan deretan pohon durian karena desa ini adalah surganya durian di Pekalongan. Kalau lewat desa ini kita harus hati-hati ya, jangan lupa toleh kanan kiri siapa tahu kejatuhan durian. Hehe

Nah, posisi Lolong Adventure ada di dekat balai desa dan posisinya di pinggir jalan besar jadi akses masuknya sangat mudah. Hanya saja untuk parkir belum tersedia lahan khusus. Kita bisa parkir di sepanjang jalan desa yang sudah beraspal bagus.

Salah satu spot foto yang bagus di Lolong Adventure
Sesampainya di wahana wisata alam ini kita akan disambut dengan udara sejuk, pemandangan alam indah dan suara arus sungai yang menderu. Wahhh, suasana ini sangat menyenangkan bagi kita yang benar-benar ingin refreshing atau melepaskan diri sejenak dari hingar bingar suasana kota. Kita hanya membayar 3 ribu rupiah saja untuk memasuki wahana wisata alam Lolong Adventure. Ada area berumput hijau yang cukup luas di sepanjangan bantaran sungai. Area ini biasanya digunakan untuk camping. Ada beberapa gazebo yang disediakan untuk kita sekedar duduk-duduk bersama keluarga atau teman-teman sambil menikmati derasnya arus sungai yang sangat jernih. Ada juga beberapa mainan anak-anak seperti ayunan yang disediakan di sini. 

Sungguh pemandangan alam yang luar biasa. 

Bagi teman-teman yang suka fotografi atau sekedar selfi, sediakan memori yang cukup lapang pada kamera kalian ya. Karena tak akan bosan untuk terus jeprat jepret dengan pemandangan seindah ini. 

Bagi kita yang ingin sekedar jalan-jalan tanpa menikmati wahana petualangan di sini tetap bisa bermain air kok di pinggiran sungai. Airnya jernih, dingin dan sejuk sekali. Untuk yang membawa anak-anak harus hati-hati ya, usahakan selalu dalam penjagaan kita karena kalau terlalu ke tengah arusnya deras sekali.

Bermain di pinggir sungai bersama keluarga

Well, sekarang kita akan memberi informasi yang pasti paling ditungu-tunggu. Tentang tarif dari setiap wahana seru yang ada di Lolong Adventure. Untuk camping, dikenakan tarif 75 ribu per orang dengan fasilitas camping ground river, tenda doom, matras, sleeping bag, lampu tenda, toilet dan mushola. Tarif outbound 15 ribu saja per orang dengan fasilitas dokumentasi, asuransi, guide, safety equipment, dan 1 game. Kalau kita ingin rafting jarak tempuh 12 km dengan fasilitas rafting equipment, guide, rescew team, asuransi, dokumentasi, air mineral dan snack kita dikenai tarif 185 ribu per orang. Sedangkan untuk tarif rafting jarak tempuh 9 km adalah 150 ribu per orang dengan fasilitas yang sama dengan rafting jarak tempuh 12 km. Selain rafting, Lolong Adventure juga menyediakan wahana tubing dengan jarak tempuh 4 km dan 3 km dimana masing-masing tarifnya 100 ribu dan 60 ribu. Untuk tubing fasilitas yang didapatkan adalah air mineral, dokumentasi, asuransi, guide, rescew team dan transportasi lokal.

Untuk menikmati semua wahana seru tadi, kita bisa melakukan reservasi terlebih dahulu melalui official website Lolong Adventure. Tentukan jadwal dan wahana apa saja yang ingin kita nikmati di sana. Oh ya, untuk semua wahana yang sudah saya sebutkan tadi minimal reservasi adalah untuk 4 orang. Jika kurang dari 4 orang maka kita diharuskan membayar untuk tarif 4 orang.

Durian Lolong, 150 ribu untuk 7 buah durian lezat ini.

Ajak teman untuk ramak-ramai ke sini agar semakin seru liburan kita. Banyak acara outbound atau gathering kantor yang diadakan disini lho. Karena selepas menikmati semua wahana yang ada, kita bisa melanjutkan petualangan dengan berburu durian. Desa Lolong ini surganya durian di Pekalongan. Durian di sini dijamin murah dan mantab rasanya. Sepanjang jalan kita akan dengan mudah menemukan gubuk-gubuk penjual durian. Kalau kita beruntung juga bisa ketiban duren. Hehe

Jadi buat teman-teman yang merencanakan liburan tahun ini, segera periksa agenda dan langsung deh lakukan reservasi di Lolong Adventure di Kabupaten Pekalongan.


#odopfor99days #odopfor99days2018 #odopday41
#onedayonepost #ODOPbatch5 #ODOPday20
#PerempuanBPSMenulis #MenulisAsyikdanBahagia #15haribercerita #harike9

3 comments:

  1. duriannnnnnnnnnnn...... ngiler deh aku liatnya mba....

    ReplyDelete