Friday 23 March 2018

30 Day's Writing Challenge


Sembilan minggu berlatih menulis one day one post bersama komunitas ODOP Batch 5, membuat saya tertantang untuk ikut challenge berikutnya. Kali ini saya mengikuti komunitas #30DWC jilid 12. Pada prinsipnya komunitas ini memiliki misi yang sama dengan ODOP. Melatih konsistensi kita untuk menulis setiap hari. Hanya packaging-nya saja yang berbeda. Mulai dari aturan sampai suasana di dalam grup pun berbeda. 

Agak deg-degan waktu awal bergabung karena saya harus kembali beradaptasi dengan orang-orang baru. Merasa sudah dekat dengan keluarga ODOP membuat saya takut untuk berkekspektasi tentang komunitas baru saya ini. ODOP suasananya sangat kekeluargaan dan hangat. Kita bisa belajar dengan santai, berbagi ilmu dan juga pengalaman dengan bebas. Semua guru dan semua murid. Kita belajar bersama.

Dalam komunitas #30DWC jilid 12 ini saya memberanikan diri untuk menjadi guardian. Posisi ini bertugas menjadi motivator untuk peserta lain dan juga perpanjangan tangan dari admin ke grup kecil yang disebut Squad. Gak berpikir apa-apa waktu daftar menjadi guardian, hanya keinginan untuk mengambil peran lebih dari sekedar menulis setiap hari. 


Hari ke-1 kemarin terus terang agak kaget. Baru masuk grup, langsung harus bertugas menjadi guardian padahal belum menyiapkan apa-apa untuk diri sendiri. Belum membuat tulisan hari pertama, belum juga membuat deklarasi bahwa saya ikut #30DWC. Agak malu sih sebenarnya pada fighter (sebutan peserta #30DWC) lain. Harusnya guardian itu menjadi motivator malah setor tulisannya menjelang tengah malam. Tapi beneran deh kemarin itu rasanya seperti baru masuk ruangan langsung diberondong peluru. Hahaha.

Hari ke-2 dalam komunitas ini, saya masih berusaha memahami aturan-aturannya. Saya juga masih berusaha adaptasi dengan teman-teman Squad. Ada 11 orang dalam Squad 3 dengan berbagai macam latar belakang. Semoga saya bisa membuat suasana squad seru seperti halnya saya jadi perusuh di Merkurius, grup kecil ODOP, dulu. Jadi sejauh ini yang lebih berat bukan tantangan menulisnya tapi tantangan menjadi guardian. But that's a challenge for. I must be able to conquer it. 

So, Squad 3 let's fight!!!!

#30DWC #30DWCJilid12 #Day2

2 comments:

  1. Mantab Kak. Saya jadi penasaran sama ODOP, pengen ikut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih kak sudah mampir. Yuks mari ikut ODOP. Batch 5 baru lulusan ini. Sekarang masih menunggu masa penjurusan fiksi dan non fiksi.

      Delete