Saturday 10 March 2018

Tidak Membaca, Mau Melihat Gambar Saja


Sabtu dan Minggu adalah hari bebas bermain gadget untuk anak-anak. Dimulai dari Sabtu sepulang sekolah sampai Minggu sore mereka boleh bermain game ataupun nonton youtube. Alhamdulillah kesepakatan ini berjalan lancar meski sempat saya merasa kcolongan saat libur lebaran. Ketika itu anak-anak hampir setiap hari memegang HP dan saya dibuat patah hati karenanya. Saya merasa anak-anak sangat berubah sejak sering berdekatan dengan gawainya. Mereka menjadi lebih sulit berkomunikasi dengan saya. Mereka juga menjadi anak yang tiba-tiba malas bergerak.

Tapi kami sebagai orang tua juga tidak lantas menjadi egois dan kaku untuk benar-benar melarang anak-anak bermain dengan gawai. Anak-anak tetap harus tahu dan paham cara penggunaan gawai, lebih tepatnya batasan penggunaannya. Oleh karena itu kami membuat kesepakatan bahwa gawai day adalah Sabtu-Minggu. Selain hari itu, anak-anak sudah tidak bertanya atau meminta lagi. Meski kalau Sabtu-Minggu saya kembali dibuatnya patah hati.


Seperti hari ini, mereka sibuk dengan gawainya. Saya ngomong apa saja mereka jawab, "Bentar, lagi seru nih". Termasuk ketika malam ini saya ajak mereka untuk membaca buku. Meski gawai sudah ditaruh di tempatnya karena jam tidur sudah terlewat, tapi mereka tetap malas-malasan ketika diajak membaca.

Anak ragil mengambil buku 'Terbang ke Angkasa dengan Helikopter Tercanggih dan Terbesar di Dunia'. Dia mengambail buku sambil berkata dengan ekspresi wajah tak semangat, "Aku gak mau baca malam ini, aku cuma mau lihat gambarnya aja."

Coba bayangkan kalau bebas main gadget diberikan setiap hari, apa yang akan terjadi? Bisa patah hati bertubi-tubi saya.


Saya tidak memaksakan anak-anak untuk membaca. Bahkan mau melihat gambar saja itu sudah merupakan bagian dari membaca. Nyatanya dengan melihat gambar helikopter yang beraneka macam, anak-anak jadi penasaran dengan spesifikasi masing-masing helkopter yang mereka lihat gambarnya. Akhirnya, membaca juga deh. 



#GameLevel5 #Tantangan10Hari #harike10 #KuliahBunsayIIP 
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst #InstitutIbuProfesional

No comments:

Post a Comment