Monday 12 March 2018

Diselamatkan Merpati dan Laba-Laba


"Diselamatkan Merpati dan Laba-laba? Siapa yang diselamatkan? Judulnya gak jelas nih." komentar pertama anak ragil pas lihat cerita ini. Masyaallah semakin kritis saja dia, sampai judul cerita pun tak lepas dari perhatiannya. Saya harus banyak belajar biar gak kehabisan kata untuk menngimbangi kecerewetannya.

Sesi membaca malam ini diawali dengan tawar menawar. Anak ragil minta dibacakan semua cerita dalam buku My Very First Quran Stories. Sementara itu saya menawar untuk membacakan 2 cerita saja. Setelah dijelaskan kalau mereka harus segera tidur setelah lelah beraktivitas seharian, barulah mereka menerima tawaran saya.



Cerita tentang Nabi Muhammad dan Abu Bakar yang dilindungi Allah dari kejaran musuh membuat anak ragil bertanya-tanya. Bagaimana bisa Allah secepat itu memerintahkam laba-laba untuk bersarang di mulut gua dan burung merpati bertelur juga di sana.

Allah Maha Besar. Allah menolong hamba-Nya dengan berbagai cara. Kalau kita berdo'a, Allah akan menolong kita dengan  cara yang tidak kita sangka-sangka.

Cerita ke-2 malam ini adalah Nabi Sulaiman a.s. Melewati Lembah Semut. Ketika pasukan Nabi Sulaiman akan melewati lembah semut, makhluk-makhluk kecil ini berbondong-bondong untuk memasuki sarangnya agar tidak terinjak. Tapi karena Nabi Sulaiman diberi mukjizat untuk bisa mengerti bahasa binatang, beliau mendengar kekhawatiran para semut. Nabi Sulaiman memerintahkan pasukannya untuk berjalan dengan hati-hati agar tidak ada satupun semut yang terinjak.

Nabi Sulaiman mengajarkan pada kita untuk menyayangi makhluk hidup lain seperti halnya beliau sangat peduli dengan keselamatan semut-semut kecil itu.


#GameLevel5 #Tantangan10Hari #harike12 #KuliahBunsayIIP 
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst #InstitutIbuProfesional

No comments:

Post a Comment