Thursday 1 March 2018

Duo Fahlavi Menulis Pengalaman Membaca



Menstimulasi Anak Suka Membaca menjadi tema level 5 kuliah Bunda Sayang Institut Ibu Profesional. Tema yang sangat menyenangkan, pasti anak mbarep dan anak ragil sangat tertarik dengan tema kali ini. Sesi membaca bersama anak-anak selalu menjadi waktu kebersamaan yang seru. Mungkin karena sudah akrab dengan buku sejak kecil, jadi membaca adalah kegiatan yang selalu dinantikan oleh mereka.

Saat ini sedikit demi sedikit saya mulai meminta anak-anak untuk menceritakan kembali apa yang mereka baca. Kami juga punya agenda membacakan buku untuk mereka sebelum tidur. Kadang mereka minta ayahnya, kadang juga saya yang membacakan buku.

Dalam tantangan game level 5 ini saya menambah tantangan untuk anak mbarep dan anak ragil untuk menuliskan apa yang telah mereka baca. Jadi dalam tulisan dalam tantangan kali ini adalah kolaborasi saya bersama dua jagoan.


Hari ini kami membaca buku 'Why? Science in The Living' tentang setrika. Saya meminta anak-anak untuk menuliskan pengalamannya setelah membaca buku ini. Mereka excited sekali karena memang sudah beberapa minggu ini mereka, terutama anak mbarep mengatakan kalau dia ingin menulis seperti saya. Alhamdulillah kesempatan yang baik datang.



Buku yang kami baca hari ini

Cerita anak mbarep setelah membaca buku ini:


Malam ini aku membaca buku Why?Science in the living. Aku membaca tentang setrika aku jadi tau kalau setrika itu ada 3 yaitu:Setrika listrik ,setrika uap dan setrika uap laundry.Setrika listrik tidak praktis karena harus menggunakan semprotan tersendiri saat menyetrika.Setrika uap bagian bawahnya berlubang dan mengeluarkan uap.Nyaman dipakai untuk menyetrika dan lebih efektif. Setrika uap laundry menggunakan selang karet untuk meniupkan uap yang sangat kuat. Uap ini membuat hasil satrikaan lebih efektif.
Aku senang membuat cerita ini. Rasanya enak sekali membuat cerita ini

Cerita anak ragil setelah membaca buku ini:

Sekarang aku membaca buku judulnya WHY !
Aku akan menyebutkan bagian-bagian setrika uap laundry .setrika uap laundry contohnya yaitu: Pegangan dan penutup.Terbuat dariplastik agar tidak panas.Pengatur suhu.Elemen.Kawat nikrom dililitkan pada isilator yang menempel padabesi.Isilator. Menutupi sekeliling kawat nikromdengan mika untuk mencegah terjadinytersetrum.Plat baja.Terbuat dari baja dan dilapisi khorom agar berkarat.Kabel listrik.Menyalurkan aliran listrik.
Perasaanku senang sekali.Aku sekarang kelas 1 kakakku kelas 2. Umurku sekarang enam setengah.Umur kakakku sekarang delapan tahun.

Tulisan anak-anak sengaja tidak diedit, saya biarkan apa adanya. Saya hanya memberikan panduan pada mereka untuk menceritakan buku apa yang mereka baca, cerita apa yang mereka tahu, dan bagaimana perasaan mereka setelah membaca buku itu. 

Alhamdulillah mereka sangat antusias berkolaborasi dengan saya dalam mengerjakan tantangan 10 hari ini. Oh ya, dalam tantangan kali ini kami juga diharapkan untuk membuat pohon literasi yang nantinya akan rimbun dengan banyaknya judul buku yang telah kami baca bersama. 



Pohon Literasi Duo Fahlavi

#GameLevel5 #Tantangan10Hari #harike1 #KuliahBunsayIIP 
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst #InstitutIbuProfesional
#odopfor99days #odopfor99days2018 #odopday59
#onedayonepost #ODOPbatch5 #ODOPday38

2 comments:

  1. Kegiatan yang keren sekali bersama anak-anak. Tulisan mereka lucu banget yaaah. Semoga anak saya juga bisa semangat membacanya nanti. Terima kasih, sharingnya sangat menginspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, anak-anak sudah akrab dengan buku sejak kecil. Sekarang baru belajar menulis cerita tentang buku yang mereka baca. Semoga putra putri mbak nanti juga bisa berteman akrab dengan buku juga ya :-)

      Delete