Wednesday 7 March 2018

Membacakan Buku Sebelum Tidur


Buku KKPK alias Kecil-Kecil Punya Karya yang berjudul Sampahku Sahabatku menjadi pilihan anak-anak untuk dibaca malam ini. Saya bertugas lagi untuk membacakan cerita. Anak mbarep semakin berat batuknya jadi agak kurang semangat malam ini. Meski begitu dia tetap meminta dibacakan buku sebagai pengantar tidur.  Anak ragil pun jadi ikut-ikutan mau dibacakan saja bukunya. 

Bercerita tentang sekelompok anak yang akan mengikuti pekan kebersihan di sekolahnya. Mereka semua diharuskan membawa alat-alat kebersihan. Semua murid dibagi menjadi ke dalam beberapa kelompok, ada kelompok yang membersihkan bagian dalam kelas dan ada juga kelompok yang membersihkan bagian luar kelas. Mereka semua bersemangat untuk melakukan kegiatan bersih-bersih kecuali dua orang. Dua orang teman mereka ini hanya duduk-duduk melihat teman yang lain sibuk membersihkan lingkungan sekolah. 


Baru dibacakan dua bab cerita dalam buku KKPK, anak mbarep dan anak ragil sudah mulai tampak sayu matanya. Saya pun mencukupkan cerita dan menyampaikan pesan yang terdapat dalam buku. Pesannya adalah kita harus bersama-sama menjaga kebersihan kelas agar nyaman dipakai untuk kegiatan belajar. Kita juga tidak boleh malas-malasan kalau ada kegiatan membersihkan sekolah karena kegiatan seperti ini melatih rasa tanggung jawab dan melatih kita untuk bekerja sama dengan teman-teman. 

Anak mbarep dan anak ragil tampak sudah terlelap setelah saya selesai menyampaikan pesan dari cerita. Melihat mereka terpejam seperti ini selalu sukses membuat saya tersenyum penuh syukur telah diamanahi anak-anak hebat seperti mereka. Saya pun sukses terharu setiap kali melihat mereka terlelap, merasa bersalah karena belum bisa menjadi ibu yang baik untuk mereka. 

#GameLevel5 #Tantangan10Hari #harike7 #KuliahBunsayIIP 
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst #InstitutIbuProfesional

No comments:

Post a Comment