Wednesday 14 March 2018

Adab Sebelum Tidur



Semakin mengikuti kegiatan anak-anak untuk membaca ternyata saya semakin jatuh cinta pada mereka. Bagaimana tidak, seharusnya saya yang menstimulasi mereka untuk suka membaca tapi yang ada malah mereka yang menstimulasi saya untuk kembali suka membaca. 

Mereka selalu semangat untuk membaca dengan gayanya masing-masing. Anak ragil yang selalu betah membbaca kalimat-kalimat panjang. Anak mbarep yang suka membaca buku bergambar. Jadi untuk ibu-ibu semua, jangan pernah lelah membelikan buku untuk anak-anak kita. Sediakan saja di rumah lalu berikan sedikit saja stimulus untuk memancing mereka memegang buku-buku itu. Tunjukkan apa sisi serunya buku-buku itu. Anak-anak itu gampang terpancing kok, jadi berikan umpan yang baik untuk mereka.

Itu sedikit tips buat ibu-ibu yang bingung bagaimana cara membuat anak suka membaca. 

Kembali pada cerita sesi membaca malam ini, kami membaca buku Adab Harian. Buku yang bagus untuk mengajarkan adab-adab kegiatan sehari-hari pada anak. Anak-anak kadang lebih percaya pada buku daripada pada orangtuanya. Itulah kenapa saya sering membacakan buku yang temanya berhubungan dengan pesan sponsor yang mau disampaikan pada dua jagoan saya. 



Anak-anak suka sekali dengan buku ini. Beberapa kali bertemu momen ahaaa ketika membaca buku ini. Saya senang sekali kalau anak-anak sudah sibuk cerita dengan kata awal 'ternyata'. Momen indah buat saya.

Seperti malam ini kami membaca tentang adab sebel tidur. Ternyata ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum kita tidur. Menutup pintu, memadamkan api atau lampu, dan menutup bejana, berwudhu sempurna seperti mau sholat, membersihkan dan merapikan tempat tidur. Kita juga diajarkan untuk berbaring pada bagian sisi kanan badan, membaca beberapa surah atau ayat Al Qur'an, zikir dan do'a, serta menghindari tidur dengan posisi telungkup. Selain itu kita seharusnya tidak tidur terlalu malam setelah shalat isya dan tidak tidur berdua dalam satu selimut.

Anak-anak suka sekali mendapatkan beberapa ilmu baru, begitupun saya jadi terbantu untuk menyampaikan adab tidur pada anak-anak. Besok kita lanjutkan lagi pada pelajaran adab berikutnya ya nak. 





#GameLevel5 #Tantangan10Hari #harike14 #KuliahBunsayIIP 
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst #InstitutIbuProfesional







No comments:

Post a Comment