Thursday 8 March 2018

Berpetualang Ke Masa Dinosaurus


Membaca bersama anak itu banyak sekali manfaatnya. Selain menambah pengetahuan mereka, membaca juga menambah kosakata untuk perkembangan verbal anak-anak. Membaca bersama anak juga bisa mempererat kedekatan kita dengan mereka. Dan satu lagi, kita bisa menyelipkan nasihat-nasihat yang sedang perlu untuk disuntikkan pada mereka. Biasanya sounding melalui momen membaca begini akan lebih didengarkan oleh anak-anak.

Setelah selesai belajar, anak ragil langsung nodong untuk melanjutkan buku KKPK yang kemarin belum selesai dibaca. Kalau kemarin-kemarin buku yang dibaca tergolong tipis, kali ini lumayan tebal dan tanpa gambar. Jadi petugas pembaca buku ini lumayan banyak membakar kalori untuk membaca. 

Anak ragil ini adalah kembaran saya, semua sifat dan kegemaran kita sama termasuk membaca buku. Tanpa diberi tanda apapun, anak ragil sudah hafal kemarin kita membaca sampai halaman berapa. Dan dia menikmati sekali waktu membaca buku. Tidak harus membaca buku berwarna apaalagi bergambar karena anak ragil menikmati masa berimajinasinya ketika membaca buku. Sangat persisi dengan saya, ibunya. 

Setelah tambah 3 bab lagi membaca buku ini, saya sudah menyerah, rasanya haus sekali. Saya minta izin pada anak ragil untuk mengakhiri bacaan. "Boleh, tapi ada syaratnya." anak ragil menjawab dengan tersenyum penuh kemenangan. Bayangkan izin dengan anak sendiri diberi syarat coba. Saya boleh mengakhiri bacaan KKPK asal setelah itu saya membacakan buku Dinosaurus. 

"Apa?"



Dan seperti kata pepatah, hati emak pasti akan luluh pada permintaan anaknya. Akhirnya kita lanjutkan sesi membaca kita. Kali ini kita berpetualang ke masa dinosaurus. Membaca buku ini membuat kita jadi tahu bagaimana para ilmuwan bisa mengetahui seluk beluk dinosaurus padahal mereka tidak ada satupun yang pernah bertemu atau melihat langsung seekor dinosaurus. Buku ini juga memberikan gambar bermacam-macam dinosaurus. 

Ada dinosaurus herbivora yang memakan tumbuhan da  juga ada dinosaurus karnivora yang memakan daging. Dinosaurus yamg terakhir kita sebutkan adalah tipikal penyerang. Mereka menyerang dinosaurus lain untuk dijadikan santapan mereka. Kalau yang diserang adalah sesama dinosaurus karnivora maka bisa dipastikan pertarungan sengit akan terjadi. 

Akan tetapi dinosaurus herbivora juga ada yang merupakan petarung hebat. Triceratops, styracosaurus dan centrosaurus adalah dinksaurus herbivora yang tak kenal takut. Mereka punya tubuh yang sangat kuat dan juga tanduk di kepalanya yang digunakam sebagai senjata menyerang musuh. 

Dua kosakata baru yang diterima anak ragil setelah membaca buku ini adalah herbivora dan karnivora. Anak ragil jadi tahu kalau hewan yang memakan tumbuhan disebut herbivora sedangkan hewan yang makan daging disebut karnivora. Anak ragil juga jadi tahu bermacam-macam nama dan wujud dinosaurus karena buku ini disajikan dengan banyak gambar yang full color

Anak ragil suka sekali dengan buku Dinosaurus ini. Sampai sulit sekali untuk dirayu agar segera tidur dan mengakhiri sesi membaca. "Ya udah, Ummi udahan gak apa-apa. Aku mau baca sendiri aja lanjutannya." Welah, ya sama saja itu nak. Baiklah akhirnya saya memberikan kelonggaran untuk melanjutkan membaca 2 halaman tambahan. Besok kita bisa lanjutkan lagi berpetualang ke masa dinosaurus. 

#ameLevel5 #Tantangan10Hari #harike8 #KuliahBunsayIIP 
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst #InstitutIbuProfesional

No comments:

Post a Comment