Sunday 25 March 2018

Resensi Buku: Keluarga Kita, Mencintai Dengan Lebih Baik


Judul: Keluarga Kita, Mencintai Dengan Lebih Baik

Penulis: Najelaa Shihab

Penerbit: Buah Hati, imprint dari Penerbit Lentera Hati

Kota Penerbitan: Tangerang Selatan

Tahun Terbit: 2017

Cetakan: Kedua, Oktober 2017

Ketebalan:196 halaman

ISBN: 978-602-7652-94-1

Mengangkat semangat "Mencintai Dengan Lebih Baik", buku ini membahas tuntas tentang cara pengasuhan yang baik. Dalam buku ini kita diajak memahami bahwa pendidikan itu bukan hanya tentang anak apalagi sekolah, tapi tentang keluarga. Pendidik pertama dan utama adalah keluarga. Oleh karena itu buku yang ditulis Najelaa Shihab ini menuangkan semua hal yang bisa dipelajari oleh orang tua untuk bisa menerapkan pola asuh yang lebih baik pada anak-anaknya. Bukan bertanya seberapa banyak cinta yang sudah diberikan pada anak tapi bertanya bagaimana cara mencintai anak dengan lebih baik. 


Hal pertama yang dilakukan untuk menerapkan pola asuh yang lebih baik adalah dengan menerapkan Hubungan Reflektif. Dalam bab ini dijelaskan dengan detail tentang salah kaprah seputar hubungan, hal yang tidak dapat kita kontrol tapi mempengaruhi hubungan, manajemen waktu, teknik komunikasi dan juga resolusi konflik serta interaksi dalam keluarga. Mempraktikkan hubungan reflektif diyakini akan menumbuhkan anak dan anggota keluarga yang bahagia.

Setelah menerapkan hubungan reflektif maka bisa dilanjutkan dengan menerapkan Disiplin Positif. Bab ini menjelaskan tentang pentingnya menumbuhkan disiplin diri melalui disiplin positif yang akan menjadi modal utama pendidikan dalam keluarga. Dengan penerapan disiplin positif maka akan mendorong kemandirian jangka panjang pada anak. Buku ini menyajikan secara lengkap tahapan perkembangan anak dari umur 1 sampai 12 tahun. Hal ini dijadikan acuan dasar untuk menerapkan dispilin sejak dini pada anak sesuai dengan tahapan perkembagannya. Bagaimana cara mengelola emosi, memilih antara hukuman atau konsekuensi, memilih hadiah atau dukungan, cara mengkritik dan memuji anak yang baik sampai panduan cara membuat kesepakatan bersama anak.

Bab terakhir dalam buku ini menyajikan tentang Belajar Efektif. Menumbuhkan anak yang cerdas itu membutuhkan proses dan dukungan berkelanjutan dari seluruh anggota keluarga. Oleh karena itu memahami minat dan bakat anak adalah sangat penting agar kita bisa memberikan stimulasi yang tepat sejak usia dini. Dalam buku ini kita juga diajak untuk bijak memilih sekolah untuk anak dan juga menjalin komunikasi yang baik anatara orang tua dengan sekolah.

Najelaa Shihab yang memang giat berjuang dalam bidang pendidikan anak dan ilmu pengasuhan menuliskan buku ini dengan cara yang sangat luar biasa. Beliau memberikan pedoman pengasuhan berdasarkan pengalaman sebagai orang tua, dikurasi oleh pakar serta didasari riset dan praktik di bidang pendidikan dan psikologi anak. Putri Quraish Shihab ini juga merupakan founder komunitas Keluarga Kita. Sebuah  komunitas yang merangkul orang tua di seluruh Indonesia untuk berbagi ilmu pengasuhan yang baik dengan menjadi Relawan Keluarga Kita (Rangkul). Beliau berharap nantinya tanggung jawab pengasuhan akan menjadi peran kolektif untuk masyarakat dan negara yang lebih baik, bukan hanya dari dan untuk satu keluarga. 

Buku ini sangat bagus untuk dijadikan panduan belajar menjadi orang tua yang lebih baik. Semua ilmu tentang pengasuhan yang baik dituangkan dengan sangat detail. Bahkan ada contoh kasus dan tanya jawab dari beberapa orang tua. Jadi kita tidak hanya membaca teori saja tapi juga mengetahui contoh-contoh nyatanya. Rasanya tidak cukup membaca buku ini sekali saja. Inginnya diulang lagi dan lagi karena banyak sekali ilmu yang bisa kita serap dan kita terapkan untuk bisa mencintai anak kita dengan lebih baik lagi. Hanya saja pemilihan ukuran huruf yang terlalu kecil membuat mata agak cepat lelah untuk membacanya langsung dalam waktu lama. 

#30DWC #30DWCJilid12 #Squad3 #Day4

No comments:

Post a Comment