Thursday 29 March 2018

Matematika Packing


Kuliah Bunda Sayang Institut Ibu Profesional sudah memasuki level 6. Tema pelajarannya kali ini adalah Menstimulus Matematika Logis Pada Anak. Wah seru sekali kan? 

Matematika bagi sebagian anak sekolah adalah pelajaran yang menghantui mereka. Matematika itu pelajaran yang paling sedikit penggemarnya, entah apa penyebabnya. Oleh karena itu kita sebagai orangtua punya tantangan tersendiri untuk menumbuhkan cinta di hati anak-anak pada matematika. 

Bagaimana caranya?

Orangtua jaman now memang dituntut untuk kreatif. Kita harus mengikuti pola belajar anak-anak yang sekarang sudah tidak mau hanya menerima teori. Nah inilah tantangan yanvg harus kami kerjakan dalam game tantangan 10 hari kuliah Bunda Sayang, sebuah kelas belajar untuk menjadi ibu yang lebih baik. Kami harus menstimulus matematika logis pada anak. Membawa matematika ke dalam kehidupan sehari-hari agar anak semakin lekat, erat dan cinta berat. 

Nah dalam tantangan pertama saya akan bercerita tentang kegiatan kami sekeluarga semalam. Kami sibuk packing, mempersiapkan baju san segala perlengkapan untuk dibawa berlibur. Anak-anak pun tak mau ketinggalan, mereka membantu menyiapkan baju yang akan dibawa. 

Di tengah kesibukan packing, tiba-tiba anak ragil bertanya, "Ummi aku sama mamas bawa celana dalam berapa?"

Ahaaa....

Ide menarik langsung muncul dalam kepala, "Satu hari mamas dan adik butuh 2 celana dalam nak. Jadi kalau kita jalan-jalannya 3 hari, harus bawa berapa celana dalam?"

Anak-anak langsung menghentikan aktifitas mengeluarkan celana dalam dari lemari. Mereka mulai berpikir, mulutnya mulai komat kamit. Pandangannya mulai jauh seakan sedang ada mesin hitung di atas kepala mereka. 

Sedang ada proses menelaah pertanyaan yang tampak dari wajah mereka. Anak mbarep dan anak ragil berusaha menjadi penjawab tercepat. Dan mereka pun menjawab bersamaan, "Enam."

"Kenapa jawab 6? Gimana cara ngitungnya?" saya ingin tahu jalan apa yang mereka tempuh. 

Anak ragil menjawab dengan lantang, "Kan dua kali tiga. Hasile enam"

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs
#Day1
#30DWC
#30DWCJilid12
#Squad3
#Day8

2 comments: