Saturday 13 January 2018

Institut Ibu Profesional



Untuk yang bertanya baik langsung maupun dipendam dalam hati, "Kok Nurul sering share cerita tentang kegiatan IIP alias Institut Ibu Profesional? Apaan sih itu?". 

Apa sih itu Institut Ibu Profesional?

Institut Ibu Profesional (IIP) itu bagi saya adalah tempat belajar yang luar biasa untuk ibu-ibu yang ingin menjadi individu, istri dan ibu yang lebih baik lagi. IIP adalah gerbang menuju sumber ilmu yang ternyata sangat luas. 

Dari web Institut Ibu Profesional dijelaskan bahwa satu kunci yang harus dimiliki seorang ibu dalam menjalankan perannya adalah sikap "profesional"(bersungguh-sungguh). Tidak ada pelajaran tertentu di bangku sekolah yang mengajarkan kita step by step menjadi ibu. Kita seperti hanya menerima dan menjalani peran ini begitu saja. Padahal seorang penyair Arab berkata, "Al Ummu Madrosatul Ula". Seorang ibu adalah sekolah pertama bagi anaknya, jika engkau mempersiapkannya dengan baik maka engkau juga telah mempersiapkan generasi penerus yang baik. Dan untuk menjalani peran sebagai madrasah pertama bagi anaknya tentu seorang ibu harus membekali diri dengan ilmu. 

Dalam komunitas Institut Ibu Profesional ini kita diajak bersama-sama untuk belajar dan menambah bekal ilmu kita. Kita belajar untuk menjadi seorang perempuan, ibu dan istri yang mampu berubah untuk dirinya sendiri, agar berikutnya kita mampu merubah keluarga dan akhirnya menjadi agen perubahan untuk masyarakat di sekitarnya. 

Program belajar di Institut Ibu Profesional terdiri dari 5 tingkatan, yaitu:

1. Program Matrikulasi
         
Program matrikulasi adalah program persiapan untuk para ibu dan calon ibu yang ingin  bergabung di komunitas Ibu Profesional. Program ini bertujuan untuk membuka wawasan, menyamakan frekuensi para ibu pembelajar, calon Ibu Profesional. Disampaikan selama 9 kali tatap muka dengan Nice Homework setiap pekan.

2. Program Bunda Sayang

Program Bunda Sayang adalah program pembelajaran yang  diikuti oleh para Ibu Profesional yang sudah lulus Matrikulasi. Kelas ini mengajak para ibu dan calon ibu untuk terus belajar bagaimana mendidik anak dengan mudah dan menyenangkan. Disampaikan dalam 12 kali tatap muka dengan berbagai tantangan setiap bulannya.

3. Bunda Cekatan

Program Bunda Cekatan adalah program belajar untuk para ibu dan calon ibu yang sudah lulus kelas bunda sayang.​ Di kelas ini para ibu dilatih untuk meningkatkan kapasitas diri mereka sebagai seorang manajer keluarga yang cekatan menjalankan peran. Disampaikan dalam 12 kali tatap muka dengan berbagai contoh praktek baik setiap bulannya.

4. Bunda Produktif

Program Bunda Produktif adalah program belajar untuk para ibu dan calon ibu yang sudah lulus kelas bunda cekatan. Di kelas ini para ibu dilatih untuk memahami potensi diri, menemukan jalan hidup sesuai fitur uniknya, sehingga antara mendidik anak, berkarya dan menjemput rejeki menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan apalagi dikorbankan. Disampaikan dalam 12 kali tatap muka dengan berbagai projek team  setiap bulannya.

5. Bunda Saleha

Program Bunda Shaleha adalah program belajar untuk para ibu dan calon ibu yang sudah lulus kelas bunda produktif.​ Di kelas ini para ibu dilatih untuk bisa menjadi agen perubahan di masyarakat sekitarnya, dimulai dengan perubahan diri sendiri dan perubahan di dalam keluarganya secara berkelanjutan. Disampaikan dalam 12 kali tatap muka dengan berbagai contoh projek perubahan setiap bulannya.

Saya merasa beruntung sekali bisa bergabung dengan ibu-ibu pembelajar lainnya dalam komunitas ini. Bayangkan, saya yang menikah di usia muda tanpa bekal apa-apa dalam mengarungi lautan rumah tangga tiba-tiba menemukan sebuah 'gerbang sekolah' yang mengupas tuntas tentang ilmu menjadi perempuan, istri dan ibu. Alhamdulillah.

Kegiatan didalam komunitas ini juga beraneka ragam. Saya bergabung dengan IIP Semarang karena itu adalah cabang terdekat (semoga IIP Pekalongan segera bisa berdiri sendiri. Amiin). Disini kami memiliki kegiatan online dan offline. Untuk sementara saya baru bisa mengikuti kegiatan online saja karena jarak Pekalongan-Semarang lumayan jauh dan saya belum pandai membagi waktu. Untuk kegiatan online sekarang kami punya beberapa kelas yaitu Kelas Herbal dan Homecare, Kelas Cooking Class, Kelas Literasi Media, Kelas Bisnis, dan juga Kelas Kreatifitas Anak Keren. Selain kelas-kelas di IIP Semarang, kita juga bisa bergabung denga KULWAP alias kuliah via WA yang diadakan oleh IIP kota lain. Banyak tema yang pernah diusung mulai dari membahas Bulliying pada Anak, Me Time untuk Ibu, dan masih banyak lagi. Dan saya menemukan gerbang menuju komunitas menulis juga dari IIP. 

Jadi bagi saya IIP ini menjawab kehausan saya akan ilmu menjadi perempuan, istri dan ibu. IIP memberi saya semangat dan pencerahan bahwa saya bisa melakukan sesuatu untuk orang lain dalam hidup saya. 

Alhamduillah, semoga apa yang saya bagi hari ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.

Terus belajar dan berbagi, terus berubah untuk menjadi lebih baik lagi. 

(Sumber referensi: web Institut Ibu Profesional)


Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.
(Hadits Shahih, Riwayat al-Baihaqi dalam kitab syu'abul iman)

#instituibuprofesional #odopfor99days #odopfor99days2018 #odopday13 @30haribercerita #30haribercerita #30hbc #30hbc2018 #30hbc_1813




No comments:

Post a Comment