Tuesday 16 January 2018

Memetik Hikmah Dari Setiap Langkah




Begitu mudah Allah menambah rejeki, 

Begitu mudah pula Allah untuk menguranginya.

Yang penting kita ikhlas saja. 

Karena rejeki itu hanya titipan, 

yang kadang bisa jadi ujian.

Alhamdulillah masih diberi nikmat iman dan kesehatan.

(Wejangan dari Pak Bojo malam ini)

Pelajaran kami, saya dan anak-anak hari ini lagi-lagi tentang bersyukur. Allah sepertinya masih ingin kami melatih kecerdasan spiritual dan emosi kita. Selalu mencoba memaknai setiap langkah menjadi sebuah hikmah. 

Beberapa saat lalu alhamdulillah kami diberi tambahan rejeki yang tidak disangka-sangka. Dua hari lalu alhamdulillah juga kami diberi jalan pengurang rejeki yang tidak disangka-sangka pula. 

Hujan deras disertai petir yang memercikkan api tepat disebrang rumah menjadi sebuah pelajaran tambahan bagi kami. Saat itu Pak Bojo berkata pada anak-anak yang sedang ketakutan mendengar kencangnya suara petir, "Jangan takut pada petir. Yang perlu kita lakukan adalah berdo'a, mohon perlindungan pada Allah. Karena hanya Allah yang Maha Melindungi. Kalau Allah berkehendak, kita yang berada di dalam rumah pun bisa tersambar. Itulah gunanya berdo'a. Memohon perlindungan."

Kala itu alhamdulillah listrik di rumah tidak anjlok, karena semua colokan listrik sudah kita cabut dari sumbernya. Beberapa rumah tetangga mengalami mati lampu karena listriknya anjlok. Bahkan satu rumah yang paling parah, lampu-lampunya pecah, tivi rusak, dan ada beberapa bekas titik gosong dirumahnya. 

Kami yang sudah merasa aman keadaan rumahnya, malam itu mencoba menyalakan televisi. Akan tetapi saat menyambungkan kembali ke sumber listrik, tiba-tiba muncul suara letupan dan bau gosong. Ternyata decoder televisi dan receiver internet kami terkena petir. 

Alhamdulillah hari ini receiver internet sudah diganti oleh teknisinya. Melihat nota pembayaran membuat saya agak melotot. Tapi alhamdulillah tak sampai terbawa perasaan yang berlebihan. 

Pak Bojo pun memberikan wejangan pada kami. Betapa Allah mudah menambah rejeki, apalagi menguranginya. Tak perlu kita khawatir, ikhlas saja. Bahkan seharusnya kita bersyukur karena rejeki kita dikurangi dalam kondisi kita dan keluarga sehat dan beriman. Banyak orang di luar sana yang diuji Allah melalui keimanan dan kesehatannya. Itu jauh lebih berat. 

Sabar dan bersyukurlah.

Alhamdulillah, satu pelajaran berharga kita, saya dan anak-anak, dapatkan lagi hari ini.



#harike13 #gamelevel3 #tantangan10hari #kami_bisa #kuliahbunsayiip #kelasbundasayang #institutibuprofesional #iippekalongan #iipsemarang #iipjateng #odopfor99days #odopfor99days2018 #odopday16

No comments:

Post a Comment