Monday 15 January 2018

Meningkatkan Kecerdasan, Belajar Dari Semangat Anak



Hari ini anak mbarep pulang lebih lambat 45 menit dari jadwal. Katanya ada tambahan pelajaran dari Bu guru. Dia masuk rumah dengan terburu-buru dan mengatakan mau cepat-cepat makan lalu berangkat Kumon. Saya melihat kehebohan dia sambil terbengong-bengong. Semangat sekali anak ini, pikir saya. Benar saja begitu selesai makan, dia langsung mengajak ayahnya berangkat. 

Sepulang saya kerja, mereka sudah ada di mushola untuk TPQ. Sesudah TPQ mereka masih lanjut bermain bersama teman-temannya. Hanya pulang sebentar untuk mengembalikan tas ngajinya, lalu pamit mau bermain. Sesaat sebelum adzan maghrib mereka pulang. Itupun hanya sebentar. Mereka kembali bersiap-siap pergi ke mushola untuk sholat maghrib berjama'ah. 

Matahari sudah berganti tugas dengan bulan, dan anak-anak pun sudah berganti kegiatan dengan menyiapkan jadwal pelajaran. Mengerjakan PR lalu belajar untuk pelajaran esok hari. Kali ini sampai anak mbarep tertidur sambil memegang buku LKS nya. Maklum hari ini mereka tidak sempat tidur siang. 

Masya Allah pemandangan yang sungguh luar biasa. Betapa besar semangat mereka untuk belajar. Mulai dari pagi hingga malam. Mereka antusias dan semangat. 

Betapa besar usaha mereka untuk meningkatkan kecerdasan baik kecerdasan intelektual, emosi maupun spiritual mereka. 

Lagi-lagi tantangan hari ini pada game level 3 ini, bukan untuk mereka tapi untuk saya, emaknya. Mereka sungguh luar biasa, tak kenal lelah. Apalah saya ini baru beberapa hari belajar konsisten menulis saja, sudah hampir dilanda lelah. 

Ayo belajarlah dari anak-anak yang tak kenal lelah untuk belajar dan terus belajar. 

Pantang menyerah!!!!

Lihatlah mereka yang selalu menikmati harinya meski mereka harus terus melangkah maju. Bagaimana mungkin emak yang mengajarkan pentingnya belajar pada mereka justru merasa lelah untuk melangkah maju?

Jangan malu untuk mengaku, bahwa anak-anak lebih hebat darimu. 

Jangan malu untuk menjadikan anak-anak guru kehidupan bagimu.



#harike12 #gamelevel3 #tantangan10hari #kami_bisa #kuliahbunsayiip #kelasbundasayang #institutibuprofesional #iippekalongan #iipsemarang #iipjateng #odopfor99days #odopfor99days2018 #odopday15

No comments:

Post a Comment